Serang (ANTARA News) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten memastikan tidak akan ada pungutan dari pihak sekolah terkait pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di tingkat SMA/SMK yang pengelolaanya sudah dilimpahkan ke provinsi.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Ardius Prihantono di Serang, Rabu, mengatakan pihaknya sudah meminta konfirmasi kepada seluruh sekolah untuk memastikan tidak ada pungutan biaya dalam UNBK.

"Saya sudah telepon sekolahnya, kita kasih tahu sekolah tidak boleh memungut biaya, yang bisa itu komite sekolah. Jadi itu sudah 'clear'," kata Ardius.

Menurutnya, kesiapan sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK untuk menggelar UNBK di Banten sudah mencapai 81 persen. Namun demikian, pihaknya mengakui bahwa data peserta yang ada pada Dindikbud Banten saat ini masih dinamis.

"Kita berharapnya sih 100 persen UNBK bisa digelar di Banten. Tapi di beberapa kabupaten/kota progresnya masih belum selesai," katanya.

Ardius juga mengakui masih adanya sejumlah kendala di kabupaten/kota terkait pelaksanaan UNBK tersebut, di antaranya karena masalah sarana dan prasarana.

"Karena UNBK itu lebih ke sarana dan prasarana khususnya komputer," kata Ardius.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dindikbud Banten, untuk SMA/SMK baik swasta maupun negeri yang akan melaksanakan UNBK pada tahun 2017 mencapai 985 sekolah.

Jumlah sekolah SMA/SMK yang menyelenggarakan UNBK tersebut yakni SMA/SMK negeri mencapai 230 sekolah. Sedangkan untuk sekolah swasta mencapai 755 sekolah.

Adapun UNBK untuk SMA/SMK yang digabungkan mencapai 312 sekolah, dengan rincian untuk negeri 58 sekolah dan swasta 254 sekolah.

Sementara untuk total peserta UNBK tingkat SMA/SMK mencapai 111.157 peserta. Sedangkan untuk Ujian Nasional Kertas Pulpen (UNKP) jumlah sekolah yang menyelenggarakan sebanyak 278 sekolah dengan rincian, 21 sekolah negeri dan 257 sekolah swasta.

DPRD mengapreasiasi atas upaya Dindikbud Banten terkait progres persiapan UNBK tersebut.

"Tadi kita dapat pemaparan dari Dindikbud Banten progres UNBK di Banten untuk tahun ini sudah 81 persen. Saya pribadi apresiasi itu," kata Sekretaris Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017