Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membuka rute baru untuk tujuan pariwisata, yakni Balai Kota-Kalijodo (Jakarta Barat).

"Untuk rute Balai Kota-Kalijodo itu, setiap hari kami menyediakan tiga unit bus tingkat. Penumpang tidak dipungut biaya alias gratis," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Kalijodo, Jakarta Barat, Rabu.

Dia mengharapkan rute wisata baru tersebut dapat menarik lebih banyak minat warga DKI Jakarta untuk berkunjung ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

"Bukan hanya itu, bagi warga sekitar kawasan Kalijodo juga bisa dengan mudah berekreasi ke Monas, Balai Kota dan sekitarnya yang dilalui bus tingkat wisata itu," ujar Budi.

Dia menjelaskan rute yang dilalui bus tingkat itu, yakni Balai Kota-Sarinah-Tosari-masuk Tol Semanggi dan keluar Tol Pluit Tomang-Kalijodo. Untuk arah sebaliknya, dari Kalijodo-masuk Tol Pluit Tomang-keluar Tol Semanggi-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Balai Kota.

Bus wisata itu beroperasi setiap hari, yaitu Senin hingga Jumat pukul 11.00 hingga 19.00 WIB, Sabtu pukul 09.00 hingga 23.00 WIB dan Minggu pukul 12.00 hingga 19.00 WIB. Bus beroperasi dengan jarak waktu pemberangkatan 1 hingga 1,5 jam setiap hari.

"RTH dan RPTRA Kalijodo sudah menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jakarta. Oleh karena itu, kedepannya kami akan menambah jumlah bus yang melayani rute ke Kalijodo," ungkap Budi.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada hari ini meresmikan RTH dan RPTRA Kalijodo yang berlokasi di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Berbagai fasilitas yang ada di tempat tersebut, antara lain taman, lintasan jogging, lintasan sepeda BMX, skate park, amphitheater, outdoor fitness, mushalla dan toilet.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017