Cilacap (ANTARA News) - Pengamanan jalur kereta api yang melintasi daerah rawan longsor maupun banjir tetap diprioritaskan, kata Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Dwi Erni Ratnawati.

"Kami sudah antisipasi jauh-jauh hari. Sejak masa angkutan Natal dan Tahun Baru sampai sekarang kami tetap jaga. Alhamdulillah sampai saat ini tetap terkendali," katanya di sela-sela kegiatan pengobatan gratis yang digelar PT KAI Daop 5 Purwokerto di Stasiun Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan titik-titik rawan longsor dan banjir khususnya di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto sampai sekarang tetap dijaga dan tidak ada masalah.

Lebih lanjut mengenai antisipasi longsor dan banjir, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko mengatakan saat ini di sekitar Stasiun Ijo, Kabupaten Kebumen, sedang dibuatkan saluran air.

"Resapan-resapan yang ada di sana dibuatkan saluran air supaya tidak becek sehingga dapat mengakibatkan longsor," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga mengepras tebing-tebing yang ada di sekitar jalur rel untuk mengurangi potensi terjadinya longsor.

Ia mengatakan penjagaan secara ekstra juga dilakukan di titik rawan longsor yang berada di sekitar lokasi proyek jalur rel ganda termasuk menempatkan petugas ekstra di pintu perlintasan yang rawan macet.

"Sampai saat ini tidak masalah. Kami berupaya memberi rasa aman dan nyaman kepada penumpang kereta api," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017