Jakarta (ANTARA News) - Organisasi sayap Partai Hanura yakni Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura) memuji gaya komunikasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang dinilai sesuai dengan adat dan budaya timur.

"Anies-Sandi mampu berkomunikasi dengan warga secara beretika dan menjunjung tinggi tata krama ketimuran," ujar Wakil Ketua Umum DPP Gemura sekaligus koordinator Satgas Gemura Anies-Sandi, Munip Ariyadi melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Munip mengatakan ibukota DKI Jakarta membutuhkan pemimpin yang tidak hanya mampu bekerja namun juga pandai dalam membangun komunikasi dengan publik.

Atas dasar itu, Gemura menyatakan mendukung pasangan Anies-Sandi jika Pilkada DKI Jakarta berlangsung dua putaran.

Munip mengatakan pasangan Anies-Sandi telah berkomitmen menolak reklamasi teluk Jakarta yang sejalan dengan pandangan Gemura. Pasangan Anies-Sandi telah menyatakan bahwa reklamasi hanya cocok diberlakukan pada negara yang memiliki lahan terbatas.

Selain itu, Gemura menilai Anies-Sandi akan mampu menciptakan situasi kondusif di Jakarta melalui visi-misinya merangkul semua lapisan masyarakat tanpa kebijakan penggusuran.

Munip mengatakan dukungan politik Gemura memang berbeda dengan yang telah dideklarasikan DPP Partai Hanura yakni mendukung Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Meskipun demikian dia meyakini DPP Hanura akan memaklumi pilihan anak-anak muda di dalam organisasi Gemura.

Sejauh ini KPU DKI Jakarta belum mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada DKI putaran pertama. Namun berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei Pilkada DKI Jakarta kemungkinan berlangsung dua putaran karena tidak ada satu pun pasangan calon yang memperoleh suara 50 persen plus satu.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017