Jakarta (ANTARA News) - Membawa dan menggunakan telepon seluler ke toilet mungkin seolah tidak berbahaya. Namun menurut ahli kesehatan, kebiasaan itu bisa membuat Anda sakit karena kuman berbahaya bisa bermigrasi dari kotoran ke dalam mulut.

Hal yang lebih mengerikan, kuman tidak hanya berasal dari Anda, khususnya toilet umum. Kuman-kuman dari pengguna sebelumnya, bisa bersarang di kursi toilet, tombol bilas, tempat tisu, bahkan di pintu bilik toilet.

Ahli kebersihan, Lisa Ackerley, memperingatkan tentang bagaimana perjalanan kuman sampai bisa menghinggapi Anda. Kuman dapat hinggap di ponsel dan selanjutnya menginfeksi penggunanya.

Ackerley menjelaskan dirinya telah mengambil kuman yang ada di permukaan kamar mandi dan dapat langsung ditransfer ke telepon seluler. "Jadi jika tangan Anda kotor dan terkontaminasi kuman atau bakteri, kemudian menggunakan ponsel, maka Anda telah mentransfernya," katanya.

Jika dalam keadaan terpaksa, Ackerley menyarankan untuk menggunakan ponsel dengan satu tangan yang tidak menyentuh benda apapun di toilet, demikian seperti dilansir laman The Sun.

Penerjemah: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017