Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan menjadi ketua panitia nasional pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia pada 2018 mendatang.

"Kemarin sudah disetujui Pak Presiden bahwa nanti akan ada panitia nasional untuk mempersiapkan acara ini. Dan dalam panitia nasional itu yang akan memimpin adalah Pak Luhut Pandjaitan," kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo seusai pertemuan dengan Luhut di Kemenko Kemaritiman di Jakarta, Jumat.

Adapun dirinya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani akan turut mendampingi acara yang digelar di Nusa Dua, Bali, itu.

Agus menuturkan, dalam pertemuan tahunan itu diprediksi akan hadir 15.000 peserta yang terdiri atas menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari sekitar 200 negara.

"Biasanya juga ada organisasi internasional, pimpinan perbankan internasional juga akademisi," katanya.

Agus berharap pertemuan itu dapat menunjukkan Indonesia sebagai negara yang reformis. Ia mengatakan meski kegiatan utama digelar di Bali, namun akan ada sejumlah acara pembuka dan penutup kegiatan utama.

"Tokoh dunia nanti kita undang ke lingkungan di Indonesia supaya sebagai perkenalan Indonesia ke mereka," katanya.

Indonesia akan menjadi tuan rumah sidang tahunan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018.

Presiden Joko Widodo pun meminta jajaran menterinya mempersiapkan perhelatan tersebut sebaik mungkin.

Ia meminta agar pertemuan tersebut digunakan sebagai momentum untuk menunjukkan kepada dunia tentang kondisi perekonomian Indonesia yang bisa tumbuh dengan baik di tengah melambatnya perekonomian global.

Momentun tersebut juga akan dijadikan ajang promosi di sektor investasi, perdagangan dan pariwisata.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017