Sebagai duta di Malaysia, beliau perlu sadar bahwa beliau perlu memperoleh keyakinan Malaysia. Saya harap Anda faham apa yang saya maksudkan dengan Anda perlu memperoleh keyakinan pemerintah."
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman mengingatkan Duta Besar Korea Utara Kang Chol bahwa penting untuk memperoleh keyakinan pemerintah Malaysia semasa bertugas di negara ini.

"Sebagai duta di Malaysia, beliau perlu sadar bahwa beliau perlu memperoleh keyakinan Malaysia. Saya harap Anda faham apa yang saya maksudkan dengan Anda perlu memperoleh keyakinan pemerintah," kata Anifah kepada pers di Kuala Lumpur, Jumat.

Anifah mengatakan, polisi sedang menyelidiki kasus (kematian Kim Jong-nam) ini sehingga mereka perlu diberi ruang untuk fokus sepenuhnya dalam mencari penyebab kematian dan mereka yang bertanggung jawab terhadap pembunuhan tersebut.

Dia mengatakan, pada tahapan ini pihaknya melihat tidak perlu untuk mementingkan pernyataan Kang Chol dan tuduhan yang dilemparkan terhadap Malaysia.

"Seluruh dunia tahu bahwa penyelidikan dilaksanakan secara objektif, adil dan tulus," kata Anifah.

Dia menegaskan, kebijakan luar negeri Malaysia senantiasa menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain.

"Bagaimanapun kedudukan hubungan baik ini perlu dibalas sewajarnya," katanya.

Anifah berkata sebagai sebuah negara yang bertanggungjawab Malaysia senantiasa menjalankan kewajiban antar bangsa mengikuti undang-undang internasional dan praktik diplomatik yang dipakai.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017