Karawang (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan masih melakukan tanggap darurat hingga Maret 2017, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir susulan di berbagai daerah sekitar Karawang.

"Hujan diperkirakan akan terus terjadi hingga akhir Maret nanti. Jadi selama musim hujan ini kami masih waspada kemungkinan terjadinya bencana banjir," kata Kepala BPBD setempat Banuara Nadeak, di Karawang, Jumat.

Ia mengaku sudah menyiapkan petugas untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana banjir susulan selama Februari hingga Maret. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Taruna Siaga Bencana.

Menurut dia, kewaspadaan terjadinya bencana banjir sepanjang musim hujan itu perlu dilakukan karena sebagian besar daerah di sekitar Karawang ini masuk kategori rawan terjadi bencana banjir.

Selain menyiapkan petugas lapangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat juga menyiapkan logistik untuk disalurkan kepada para korban banjir.

"Kami juga terus memantau tinggi muka air Citarum dan Cibeet serta sungai-sungai besar yang berpotensi meluap saat hujan deras," kata dia.

Banjur susulan harus diwaspadai karena sebelumnya terjadi banjir susulan di sekitar Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang. Banjir di daerah itu terjadi akibat meluapnya sungai Cibeet.

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017