Kamis, 17 Agustus 2017

Spanyol tertarik jalin kerja sama sektor kesehatan RI

| 14.485 Views
Spanyol tertarik jalin kerja sama sektor kesehatan RI
Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol & Wakil Tetap RI untuk Organisasi Pariwisata Perserikatan Bangsa Bangsa (UNWTO) Yuli Mumpuni Widarso. (ANTARA)
London (ANTARA News) - Dinamika perkembangan perekonomian Indonesia yang diproyeksikan menjadi negara maju membuka peluang bagi Spanyol dalam mengembangkan kerja sama di beberapa sektor baru, termasuk sektor kesehatan dan pelayanan sosial serta infrastruktur, kata Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso.

Dubes Yuli mengungkapkan hal itu terkait dengan kunjungan kerja Delegasi Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI dipimpin Dewi Asmara dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) saat bertemu dengan Ketua Komisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Parlemen Kerajaan Spanyol (Deputados) Patxi Lopez Alvarez.

Dewi Asmara berkunjung ke Spanyol bersama 12 anggota DPR dari berbagai partai politik yang berada di BKSAP, dan mengadakan serangkaian pertemuan para pihak di Madrid pada 16 hingga 22 Februari 2017.

Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana persahabatan, Yuli Mumpuni mengemukakan, Patxi Lopez Alvarez menyampaikan apresiasi kepada DPR RI yang mengirim Delegasi BKSAP ke Spanyol untuk saling bertukar pandangan dan pengalaman menyangkut kebijakan kesehatan maupun pelayanan sosial yang memang sejak lama menjadi agenda penting pemerintah, arlemen dan masyarakat Spanyol.

Sementara itu, Dewi Asmara menyampaikan Delegasi BKSAP DPR RI yang terdiri dari anggota DPR lintas fraksi dan lintas komisi tersebut berkunjung ke Spanyol karena kebijakan Negeri Matador tersebut terkait kesehatan, pelayanan sosial dinilai sangat baik, dan berkomitmen sangat tinggi terhadap kesehatan dan pelayanan sosial.

Ia pun menyampaikan penghargaan kepada Patxi Lopez Alvarez dan anggota Komisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Parlemen Spanyol yang menyampaikan secara rinci kebijakan dan ketentuan terkait sistem jaminan sosial di Spanyol.

Delegasi RI sangat terkesan dengan kebijakan mendasar Spanyol dalam hal kesehatan dan pelayanan sosial yang harus memenuhi tiga syarat utama, yakni pelayanan sosial yang diberikan negara kepada masyarakat harus bersifat universal, gratis, dan berkualitas. Ketentuan tersebut menjamin bahwa Negara mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayan sosial yang terbaik bagi masyarakat.

Pertemuan dengan Pimpinan dan anggota Komisi Kesehatan dan Pelayanan Sosial Parlemen Spanyol mengakhiri rangkaian kegiatan kunjungan kerja Delegasi BKSAP DPR RI beranggotakan politisi lintas fraksi, termasuk Okky Asokawati (PPP), Yayat Y. Biaro (Golkar), Betti Shadiq Pasadigoe (Golkar) dan Handayani (PKB).

KBRI Madrid menyambut baik kunjungan kerja Delegasi BKSAP DPR RI ke Spanyol dan siap memfasilitasi pengembangan kerjasama bilateral di bidang kesehatan, termasuk teknologi transplantasi organ karena Spanyol tergolong negara yang paling sukses dalam pelayanan transplantasi organ, demikian Yuli Mumpuni Widarso.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga