Hanoi (ANTARA News) - Perempuan Vietnam, Doan Thi Huong, yang menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan pria bernama Kim Chol, diduga kuat bernama asli Kim Jong-Nam, beranggapan bahwa dirinya sedang ikut berperan dalam sebuah video komedi, demikian keterangan Kementerian Luar Negeri Vietnam.

Pemerintah Vietnam sempat belum memastikan bahwa perempuan tersebut adalah warga negaranya. Namun, sejumlah pejabat Vietnam menemui Huong pada Sabtu (25/2), terkait sangkaan kasus pembunuhan terhadap orang yang diduga kuat adalah kakak tiri Pimpinan Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA 2) pada 13 Februari 2017.

"Kesehatannya dalam keadaan stabil. Saat bertemu dengan para pejabat kedutaan, Doan Thi Huong mengatakan ia telah dimanfaatkan dan ia mengira dirinya sedang berperan dalam sebuah video komedi," demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Vietnam.

Huong bersama seorang perempuan lain, Siti Aishah (Siti Aisyah) yang pemegang paspor Indonesia, terekam kamera di KLIA 2 sempat mendadak membekap kemudian meninggalkan Kim Chol (Kim Jong-Nam) pada Senin (13/2).

Siti Aisyah juga telah mendapat kunjungan sejumlah pejabat diplomatik Republik Indonesia pada Sabtu (25/2). Layaknya Huong, maka Siti juga mengaku bahwa dirinya beranggapan sedang turut serta dalam acara komedi televisi dengan berperan membekap seseorang secara mengejutkan di KLIA 2.

Kim Chol alias Kim Jong-Nam dibunuh di KLIA 2 menggunakan racun saraf VX, demikian keterangan Kepolisian Kerajaan Malaysia.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017