Paris (ANTARA News) - Menanggapi komentar kurang baik mengenai Paris, Presiden Prancis Francois Hollande pada Sabtu (25/2) mengingatkan timpalannya dari Amerika Donald Trump karena menunjukkan "tentangan terhadap negara sekutu."

"Ada terorisme dan kita harus memeranginya bersama. Saya pikir tidak pernah baik menunjukkan tentangan terkecil pun terhadap negara sekutu. Saya tidak akan melakukannya terhadap Amerika Serikat dan saya mendesak Presiden Amerika Serikat tidak melakukannya dengan Prancis," kata Hollande di sela pameran pertanian Paris.

"Saya tidak akan membuat perbandingan tapi di sini, orang tidak punya akses ke senjata. Di sini, tidak ada orang bersenjata yang melepaskan tembakan ke kerumunan orang hanya demi kepuasan menimbulkan drama dan tragedi," katanya sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

Hollande meminta Trump lebih menunjukkan solidaritas setelah dia menuturkan cerita tentang seorang teman bernama "Jim" yang berpikir "Paris bukan lagi Paris" setelah serangkaian serangan mengguncang ibu kota Prancis.

"Saya tidak pergi ke sana lagi. Paris bukan lagi Paris," demikian Trump mengutip pernyataan Jim, "pria sangat, sangat substansial" yang pernah menjadi pengunjung rutin Paris.

Di acara tahunan Conservative Political Action Conference di National Harbor, Maryland, Jumat, Trump menyampaikan komentar itu untuk mengabsahkan klaim dia bahwa "keamanan nasional dimulai dengan keamanan perbatasan" dan membela perintahnya untuk melarang pengunjung dari negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim masuk ke Amerika Serikat karena alasan keamanan.
 

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017