Madrid (ANTARA News) - Barcelona boleh bersukacita lebih dulu menyusul krisis yang menerpa setelah menelan kekalahan 0-4 dari Paris Saint-Germain (PSG) dalam ajang Liga Champions pekan lalu.

Buntut kekalahan itu, pelatih Barcelona Luis Enrique berada dalam tekanan. Setelah itu mereka mampu mengalahkan Leganes 2-1 di Camp Nou.

Dalam laga pekan ke-24 La Liga, Barcelona menghadapi Atletico Madrid dalam laga yang diadakan di Estadio Vicente Calderon, pada Minggu, atau Minggu malam, pukul 22.15 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sports 2.

Barcelona boleh menepuk dada lantaran tampil sebagai satu dari dua tim La Liga yang belum terkalahkan manakala melawan Diego Simeone sebagai pelatih (D3 L10), bersama Alaves (D2).

Atletico Madrid meraih 15 kemenanga dari 18 laga kandang di ajang La iga. Sementara Barcelona belum menderita kekalahan dalam 16 laga terakhir di La Liga.

Bahkan, Barcelona mampu menciptakan rata-rata 2,5 gol dalam lima laga dari enam laga terakhir. Bahkan, Barcelona belum terkalahkan dalam 11 dari 12 pertandingan melawan Atletico di seluruh kompetisi.

Barcelona mencetak sekurang-kurangnya dua gol dalam lima dari enam laga terakhir mereka di ajang La Liga. Atletico menyarangkan sekurangnya dua gol dalam tiga laga terakhir mereka di La Liga.

Lionel Messi mengemas 12 gol di Vicente Calderon (11 gol lawan Atletico dan satu gol lawan Athletic Bilbao di final Copa del Rey pada 2012). Antoine Griezmann mencetak tiga gol dalam dua laga terakhir lawan Barcelona di Vicente Calderon, dua di antaranya lewat sundulan kepala.

Hanya ketika melawan Sevilla (27), Messi mencetak lebih banyak gol ketimbang lawan Atletico (26) di semua kompetisi. Luis Suarez mengemas lima gol dalam enam pertandingan terakhir lawan tim Madrilean (semua kompetisi).

Di kubu Atletico, Kevin Gameiro membuat semua lima assist-nya untuk Griezmann pada musim ini.

Data dan fakta tim:

* Jan Oblak bukan tidak mungkin diturunkan setelah absen dalam laga melawan Leverkusen di ajang Liga Champions pekan lalu.
* Diego Godin diharapkan pulih dari cedera. Ia bakal bahu membahu mengisi lini bek tengah bersama Stefan Savic; dengan Sime Vrsaljko di lini bek kanan menggantikan posisi Juanfran yang masih absen.
* Kevin Gameiro dan Antoine Griezmann siap tempur untuk mengobrak-abrik pertahanan Barcelona. Penampilan keduanya demikian brilyan dalam dua laga terakhir.
* Sergio Busquets bakal siap turun bertanding setelah menjalani masa suspensi. Ia berperan krusial sebagai gelandang pengangkut air, bersama Ivan Rakitiv.
* Samuel Umtiti harusnya dimainkan ketimbang menurunkan Jeremy Mathieu di lini bek tengah, dengan Abdre Gomes menempati posisi pemain tengah untuk mendukung manuver Andres Iniesta.
* Arda Turan belum cukup fit benar untuk tampil, kendati Javier Mascherano masih diragukan tampil karena masih dibekap cedera hamstring.

Prakiraan Susunan Pemain:

* Atletico Madrid (4-4-2):

Moya; Vrsaljko (penjaga gawang), Savic, Gomez, Luis; Correa, Gabi, Koke, Carrasco; Griezmann, Gameiro.

* Barcelona (4-3-3):
ter Stegen (penjaga gawang); Roberto, Umtiti, Mathieu, Digne; Rakitic, Gomes, Rafinha; Messi, Suárez, Neymar.
 
Lima Laga Terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Atlético Madrid: W W W D W

22/02/17 Bayer 04 Leverkusen 2 - 4 Atlético de Madrid
18/02/17 Sporting de Gijón 1 - 4 Atlético de Madrid
13/02/17 Atlético de Madrid 3 - 2 Celta de Vigo
08/02/17 Barcelona 1 - 1 Atlético de Madrid
05/02/17 Atlético de Madrid 2 - 0 Leganés

* Barcelona: W L W D W

20/02/17 Barcelona 2 - 1 Leganés
15/02/17 Paris Saint-Germain 4 - 0 Barcelona
11/02/17 Deportivo Alavés 0 - 6 Barcelona
08/02/17 Barcelona 1 - 1 Atlético de Madrid
04/02/17 Barcelona 3 - 0 Athletic Bilbao

Head to head:

08/02/17 Barcelona 1 - 1 Atlético de Madrid
02/02/17 Atlético de Madrid 1 - 2 Barcelona
22/09/16 Barcelona 1 - 1 Atlético de Madrid
14/04/16 Atlético de Madrid 2 - 0 Barcelona
06/04/16 Barcelona 2 - 1 Atlético de Madrid

Tiga Prediksi laga (Goal.com):

* Atlético de Madrid 1 - 2 Barcelona
* Atlético de Madrid 1 - 3 Barcelona
* Atlético de Madrid 2 - 1 Barcelona

Prediski Man of the Match:

Lionel Messi (38.46 persen)
Antoine Griezmann (26.92 persen)
Gabi (7.69 persen)
Filipe Luis (7.69 persen)
Yannick Carrasco (7.69 persen)

Lima prediksi jalannya laga:

* Atletico Madrid hanya menelan sekali kalah dari 28 pertandingan yang digelar di Estadio Vicente Calderon. Catatan rekor ini patut diwaspadai oleh pasukan asuhan Luis Enrique.
* Tim tuan rumah bakal tampil penuh semangat dengan didukung sepenuhnya penonton stadion. Apakah Lionel Messi mampu melawan kemudian mengalahkan tekanan dukungan penonton tuan rumah justru dengan tampil gemilang?
* Luis Enrique berusaha keras menunjukkan bahwa tim asuhannya telah dan siap bangkit dengan tampil memukau bahkan mampu mengalahkan tim tuan rumah.
* Barcelona berada dalam tekanan internal menyusul kekalahan 0-4 dari PSG di ajang Liga Champions.

Prediksi hasil laga:

* Atletico Madrid: 1
* Barcelona: 2

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017