Jakarta (ANTARA News) - Viola Davis membawa pulang piala Oscar pertamanya. Bintang film "Fences" itu telah masuk dalam nominasi Academy Awards dalam sembilan tahun terakhir.

"Ada satu tempat di mana semua orang besar berkumpul, dan itu kuburan," kata dia membuka pidato saat menerima penghargaan tersebut.

"Gali mayat-mayat itu. Gali cerita-cerita. Cerita orang-orang yang bermimpi besar dan tidak pernah melihat mimpi-mimpi mereka membuahkan hasil. Orang-orang yang jatuh cinta dan kehilangan," sambung dia.

Dia melanjutkan pidatonya dengan emosional dan menangis, "saya menjadi seorang artis, dan terima kasih Tuhan saya melakukannya karena kita adalah satu-satunya profesi yang merayakan apa arti hidup dalam kehidupan."

Dia mengungkapkan terima kasih kepada "para pendukung film tentang orang dan kata-kata dan kehidupan dan pengampunan dan anugerah," dan lawan mainnya Denzel Washington, "O Captain! My Captain," kata dia.

"Ini untuk August Wilson, yang menggali dan meninggikan orang-orang biasa," lanjut dia.

Dia juga berbicara langsung kepada suaminya yang berada di kursi penonton.

"Untuk suaminya saya dan anak perempuan saya: hati saya, kamu dan Genesis," ujar dia. "Kamu mengajari saya setiap hari bagaimana hidup, bagaimana mencintai. Saya sangat senang bahwa kamu adalah dasar hidup saya."

Davis menampilkan penampilan yang kuat dalam adaptasi layar lebar tulisan August Wilson pada 1983 yang memenangkan Pulitzer Prize, yang meneliti akar ketidakbahagiaan dalam keluarga kulit hitam yang tampaknya bahagia di Pittsburgh selama tahun 1950.

"Fences" diunggulkan dalam empat kategori Oscar, termasuk film terbaik dan aktor terbaik untuk Wahington, demikian The Hollywood Reporter.

(Baca juga: Mahershala Ali jadi aktor Muslim pertama peraih Oscar)

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017