Jakarta (ANTARA News) - Sting membawakan lagunya yang diunggulkan dalam kategori lagu latar terbaik "The Empty Chair" di Oscar 2017.

Lagu dengan musik dari J. Ralph tersebut adalah soundtrack dari "Jim: The James Foley Story", sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang kisah jurnalis Amerika Serikat James Foley yang tertangkap di Suriah dan menjadi warga negara Amerika pertama yang dibunuh oleh ISIS saat dia dipenggal pada tahun 2014.

Sebagai peliput perang yang dihormati, Foley telah meliput perang saudara di Suriah untuk Agence France-Presse (AFP) dan GlobalPost.

Berpakaian hitam dan memainkan gitar akustik, Sting menyanyikan lirik yang menceritakan ketidakhadiran almarhum Foley dalam pertemuan keluarga. Sting sebelumnya juga menyanyikan lagu tersebut di ASCAP Music Cafe dalam Sundance 2016 yang dihadiri oleh keluarga Foley.

Penampilan Sting berakhir dengan foto Foley dengan kutipan "Jika saya tidak memiliki keberanian moral untuk menantang otoritas...kita tidak memiliki jurnalisme."

"Taruhannya tinggi ketika Anda sedang menulis tentang seseorang yang benar-benar ada, orang dengan keluarga dan teman yang ingin Anda hormati," kata Sting kepada Billboard.

"Saya senang saya menemukan metafora 'kursi kosong'. Saya awalnya mengatakan tidak (ketika ditanya Ralph). Saya berkata 'ini di luar kekuasaan saya'. Saya membuat lagu dari perkataan keluarga dan teman-teman (Jim). Ini lagu mereka," tambah dia.

Sementara itu, Justin Timberlake membuka acara Oscar dengan lagu yang juga yang diunggulkan dalam kategori lagu latar terbaik "Can't Stop the Feeling!," soundtrack dari film animasi "Trolls".

Timberlake memulai penampilannya di koridor depan Dolby Theater dan menari menuruni tangga ke panggung. Dia ikut menari bersama para penari latar. Timberlake mengakhiri penampilannya dengan ciuman manis dengan istrinya Jessica Biel yang diikuti dengan seruan "awws" oleh para hadirin.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017