Jakarta (ANTARA News) - Setelah kejadian kesalahan pengumuman film terbaik Oscar 2017, Emma Stone di belakang panggung mengatakan bahwa dia memegang kartu aktris utama terbaik ketika "La La Land" dengan salah diumumkan sebagai film terbaik.

Warren Beatty (79) dan Faye Dunaway (76) didaulat membacakan pemenang film terbaik peraih Oscar 2017, yang ternyata di amplop tertulis "Emma Stone, La La Land".  Dunaway yang akhirnya mengumumkan "La La Land" sebagai pemenang. Padahal seharusnya yang memenangi kategori tersebut adalah "Moonlight".

Lalu, bagaimana bisa Warren Beatty dan Faye Dunaway membaca kartu yang sama dengan yang dipegang Emma Stone, seperti yang dijelaskan Beatty kepada penonton?

Ternyata untuk setiap kategori, ada dua kartu yang masing-masing menunggu di sayap panggung, seperti yang dijelaskan dalam Los Angeles Times berikut:

"Dalam sebuah lokasi yang dirahasiakan, para partner menghitung vote dan menyiapkan dua set amplop pemenang, sebagai standar keamanan dan juga untuk membantu aliran acara. Amplop tersebut ditempatkan dalam tas di sisi kanan dan kiri panggung, di mana Cullinan dan Ruiz (partner dari Pricewaterhouse) dapat memberikan amplop tersebut kepada presenter. Pada akhir malam, para partner akan memberikan setengah dari jumlah amplop," ujar Valli.

"Dan set ketiga? 'Tidak ada "set" ketiga berada di tempat lain yang memiliki kartu pemenang di dalam amplop pemenang,' kata Cullinan. Namun, sisa amplop, dikirim ke lokasi rahasia kedua, sebagai cadangan jika terjadi bencana untuk mencegah akses ke amplop set yang komplit. Setelah acara, kartu dan amplop yang tidak terpakai dihancurkan oleh perusahaan penghancur dokumen."

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017