Hanoi (ANTARA News) - Perwakilan Kedutaan Besar Vietnam mengunjungi warganya, yang diduga membunuh saudara tiri pimpinan Korea Utara, Kim Jong-nam, pada 25 Februari di Malaysia.

Kunjungan itu, yang disetujui pemerintah Malaysia, dilakukan setelah Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh mengadakan pertemuan dwipihak dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman.

Percakapan keduanya berlangsung di antara pertemuan menteri luar negeri anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Perwakilan kedutaan besar Vietnam itu memberitahu bahwa tersangka adalah warga negara Vietnam bernama Doan Thi Huong.

Huong lahir pada 1988 di Provinsi Nam Dinh, Vietnam Utara. Saat ditemui perwakilan kedubes, kesehatan Huong dikabarkan cukup baik.

Tersangka asal Vietnam itu mengaku dimanfaatkan oleh dalang pembunuhan karena ia menyangka aksinya adalah bagian dari acara hiburan.

Kementerian Luar Negeri Vietnam telah mengarahkan pihak kedubes untuk meminta agar pemerintah Malaysia menindak tersangka sesuai dengan aturan di negaranya dan hukum internasional.

Kedutaanbesar itu juga diarahkan untuk mempelajari seluruh aturan terkait dan memberi pendampingan hukum bagi warganya.

Pendampingan itu diberikan demi melindungi hak dasar warganya itu.

Kementerian itu bersama badan terkait di Vietnam mengatakan bersedia bekerja sama dengan pemerintah Malaysia demi menyelidiki pembunuhan tersebut.

(GNT/B002)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017