Jakarta (ANTARA News) - Ribuan kader dan simpatisan mengikuti kirab budaya dan TMP Youth Fest Pancasila Rumah Kita dalam rangka memperingati hari ulang tahuan (HUT) ke-9  Taruna Merah Putih (TMP) Karawang, Jabar, Minggu (26/2).

Siaran pers Humas DPP TMP di Jkarta, Senin, menyebutkan, acara tersebut dimulai dengan jalan santai yang dimulai dari Lapangan Karangpawitan dan berakhir di GOR  Panatayudha, Karawang. Puluhan ribu massa tumpah ruah memadati  Jalan Proklamasi Kota Karawang dan tampak memanjang hingga 2 Km.

Acara itu dibuka langsung Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait dan Bupati Kabupaten Karawang Cellica Nurrachdiana. Acara juga  dimeriahkan  marching band dari MTS Ghoyatul Jihad, Pencak Silat dari Perguruan Purwa Kencana Karawang, Tari Jaipong dari  sanggar Sundapura, Reog Ponorogo dari sanggar Singo Bilowo, Barongsai, Sesingaan. Pada acara ini juga dimeriahkan Kaloborasi musisi karawang yang terdiri dari 10 drumer dan 10 gitaris.
 
Dalam sambutannnya, Maruarar Sirait mengatakan bahwa sebagai negara demokrasi, masyarakat Indonesia harus menjujung tinggi semangat perbedaan, khusnya perbedaan pada pilihan Politik.

Maruarar berpesan kepada seluruh peserta kirab budaya untuk menjaga dan mengawal nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, antara lain dengan menerima perbedaan dan menjaga persatuan.

Baginya, perbedaan pilihan pada kontestasi pilpres dan pilkada jangan mempecah belah dan mengganggu stabilitas nasional. Pasalnya jika ini terjadi maka akan mengganggu stabilitas ekonomi. Dan yang akan menjadi korban adalah rakyat kecil.

"Kita harus mencontoh Pak Jokowi dan Pak Probowo yang tahu kapan waktunya berkompetisi dan tau kapan waktunya bersatu. Jika ini bisa ditularkan maka stabiltas nasional akan terwujud," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan jika ada perbedaan pandangan, pemerintahan Jokowi-JK membuka ruang kritik. Namun kritik harus disampaikan secara baik dan benar. "Selama ini Pak Jokowi tidak pernah melarang masyarakat untuk melakukan aksi unjuk rasa. Ini bukti pak Jokowi pemimpin yang mau mendengar aspirasi rakyat," tambahnya.

Menurut Maruarar, berdasarkan survei Presiden Jokowi adalah pemimpin yang dicintai oleh rakyat dan para pembantunya.  "Pak Jokowi didukung rakyat, TNI dan polri," ujarnya.

"TMP juga mendukung pemerintan Jokowi hingga selesai 5 tahun," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ara mengajak akan pemuda Indonesia harus menjadi agen perubahan. Karena Indonesia merdeka adalah buah dari kerja keras anak muda pada masa itu. "Ayolah menjadi agen perubahan. Karena pemuda sebuah kekuatan yang dipercaya rakyat," tukasnya.

Pada acara ini TMP memberikan award kepada tokoh muda yang menorehkan prestasi pada bidang Pendidikan, sosial, budaya, olahraga, dan pemberdaayan wanita. Serta memberikan pengharhaan kepada tokoh politik yang telah berkontribusi membangun provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017