London (ANTARA News) - Manajer Everton Ronald Koeman mendesak timnya untuk mempertahankan semangat yang kuat untuk meraih tempat di kualifikasi Liga Champions tetapi pada saat yang sama juga perlu mewaspadai tim-tim di bawah mereka di Liga Inggris (Premier League).

Everton berada di urutan ketujuh di klasemen dan terpaut enam poin dari tim urutan keempat Arsenal, yang mendapatkan tiket kualifikasi final Liga Champions dan masih memiliki satu pertandingan, setelah memetik kemenangan 2-0 pada Sabtu atas tim papan bawah Sunderland.

"Situasi terburuk untuk seorang pemain sepak bola adalah Anda bermain tidak untuk sesuatu. Ya, (kami ingin) posisi tertinggi tapi saya ingin bermain untuk mendapakan sesuatu," kata Koeman kepada media Inggris.

"Di atas kami masih ada kesenjangan tetapi tidak pernah berakhir, ketika lima atau enam poin itu masih mungkin untuk menjangkau mereka. Tim pertama di belakang kami adalah West Brom (terpaut empat poin) dan kita menghadapi West Brom di kandang dua minggu lagi."

Koeman juga memuji Romelu Lukaku setelah striker asal Belgia itu menyamai rekor klub dengan 60 gol Premier League yang pernah diciptakan Duncan Ferguson, yang juga bagian dari staf pelatih asal Belanda itu.

"Rom menyamai Duncan dan tentu saja Duncan tahu bahwa Romelu akan mengalahkan rekornya," tambah Koeman.

"Saya pikir dia akan senang ketika catatan rekor dipecahkan karena itu berarti Lukaku yang mencetak dan, biasanya, jika dia mencetak gol itu memberi tim tiga poin."

Everton akan bertandang ke tim peringkat kedua Tottenham Hotspur, Minggu. Demikian laporan Reuters.

(Uu.D011/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017