Barcelona (ANTARA News) - Netflix menyatakan kegembiraannya atas kemenangan film dokumenter "The White Helm" meraih penghargaan Oscar, kata kepala layanan video streaming asal Amerika Selatan tersebut pada Senin (27/2).

"Salah satu hal besar mengenai dunia hiburan adalah mampu menghubungkan orang ke cerita," kata Reed Hasting di Mobile Wolrd Congress, pameran tahunan perdagangan industri telepon terbesar di dunia, di Barcelona, Spanyol.

"Kami sangat senang bahwa Oscar, Academy, menghormati film 'White Helm' dan saya mendorong Anda semua untuk menyaksikannya," tambahnya.

Film berdurasi 40 menit tersebut menang di acara penghargaan terbesar Hollywood pada Minggu dalam kategori film dokumenter pendek terbaik.

Ini adalah kemenangan pertama Academy Award untuk Netflix, yang mendistribusikan film tersebut.

Film dokumenter tersebut mengisahkan tiga petugas penyelamat dengan Helm Putih -- juga dikenal sebagai Pertahanan Warga Sipil Suriah -- yang berlatih di Turki untuk memberikan bantuan medis darurat bagai warga sipil di perang Suriah.

Sutradara film tersebut Orlando von Einsiedel menerima penghargaan itu dan mendesak para undangan yang hadir untuk menyerukan diakhirinya perang sipil Suriah yang berlangsung selama enam tahun, demikian seperti dikutip AFP.  (hs) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017