Jakarta (ANTARA News) - Sebagian Anda para kaum adam mungkin bermimpi memiliki bentuk perut layaknya pesepakbola Cristiano Ronaldo atau pemeran utama drama asal Korea Selatan, "Goblin", Gong Yoo.

Berikut lima langkah yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Medical Daily:

1. Bugarkan mental. Motivasilah diri sendiri misalnya berkata pada diri "Ini bukan soal waktu yang dimiliki tetapi luangkan waktu.

2. Periksa lemari makanan dan buang semua makanan tak sehat, semisal junk food dan gantilah dengan makanan sehat semisal buah alpukat, bayam, yogurt, minyak zaitun, brokoli dan lainnya.

3. Lakukan metode High Intensity Interval Training (HIIT).

Profesor pembinaan pendidikan dari Ohio University, Laura Miele-Pascoe seperti dilansir WebMD mengatakan HIIT berarti seseorang memanfaatkan semua energi yang ia miliki dalam melakukan latihan dalam jangka waktu pendek.

Anda dapat melakukan latihan kardio selama 30 detik hingga lima menit lamanya, tergantung kebugaran fisik Anda. Tujuannya adalah meningkatnya denyut jantung hingga 80-95 persen.

Berikut tips bagi Anda yang ingin melakukannya:

- Perlahanlah. Anda perlu belajar mengatur intensitas latihan  Anda.

- Biarkan tubuh Anda pulih dulu, karena tubuh bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga perlu waktu lebih banyak antara olahraga untuk otot dan pemulihan.

Asisten profesor olahraga dari Western State Colorado University, Lance Dalleck menyarankan Anda memulihkan diri selama dua hari setelah latihan.

- Jangan berlebihan. Dua sesi HIIT dalam seminggu cukup. Namun, menurut Dalleck menambahkan 1 hari untuk program intensitas sedang berdampak lebih baik dalam kebugaran daripada melakukan latihan dengan intensitas sedang saja.

-Gunakan alat. Anda bisa memakai monitor jantung untuk membantu Anda berlatih lebih efektif dan lebih aman, kata Dalleck.

4. Lakukan latihan angkat beban.

5. Boleh makan bebas namun terkendali, asal sekali saja dalam dua minggu.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017