Ambon (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengajak seluruh komponen masyarakat, dunia usaha, serta pemerintah daerah sama-sama memberikan dorongan untuk pengembangan atlet olahraga bidang otomotif.

"Saya kira pemda, masyarakat, dan dunia usaha harus membantu serta mendukung serta memberikan dorongan penuh, karena pada saatnya pembalap seperti David Sitala akan naik sebagai pembalap profesional," kata Menpora di Ambon, Selasa.

Selain itu, David sudah waktunya perlu menekuni dunia otomotif dengan baik dan mungkin saja di Ambon ada sirkuit yang dapat memberikan motivasi kepada pembalap-pembalap baru di daerah ini.

David Sitanala adalah pembalap muda asal Maluku yang saat ini mengukir prestasinya di arena Gokart Asia dan akan mengikuti ajang FIA Formula 4 (F4) untuk bersaing dengan sejumlah pembalap kelas dunia asal Eropa, Amerika, Asia, serta Austsralia.

Setelah uji coba balapan formula 4 awal bulan ini, David direncanakan akan mengikuti balapan pertamanya di Jung Hai Cina pada tanggal 29 dan 30 April 2017, namun kegiatan ini membutuhkan dukungan finansial yang besar dan mendapat perhatian serius Gubernur Maluku Said Assagaff serta Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae.

"Kita akan lihat nanti kesiapan pemerintah di tingkat pusat seperti apa, tetapi yang jelas semua pihak harus ikut mendorong serta memberikan dukungan," katanya.

Menpora Imam Nahrowi melakukan kunjungan kerja di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku untuk melakukan sejumlah kegiatan diantaranya mengikuti jalan santai sehat yang diselenggarakan pengurus Fatayat Nahdlatul Ulama Maluku dan Kota Ambon, mengunjungi perkemahan pemuda Kristen se-Indonesia, dan melakukan dialog publik dengan mahasiswa IAIN Ambon.

Dalam kunjungan tersebut, Menpora juga mengunjungi pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP) Maluku dan sempat bermain sepak bola dengan sejumlah anak-anak bawah umur yang sementara mengikuti pelatihan.

"Kunjungan ke PPLP untuk melihat keadaan anak-anak di sana, memastikan apakah cabang-cabang prioritas itu sudah memenuhi standar atau belum, gizi, sekolah, dan pelatihan mereka diperhatikan atau tidak," kata Menpora.

Menpora Imam Nahrowi juga melihat langsung kondisi menu yang disajikan kepada para atlet PPLP dan langsung masuk dapur umum dan berbincang-bincang dengan para juru masak.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017