Makassar (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI) berencana memindahkan lokasi pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games dari Karanganyar, Solo ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Umum PP PTMSI Oegroseno di Makassar, Rabu, menyatakan pemindahan ini juga untuk memberikan suasana baru bagi para atlet agar semakin termotivasi dalam meningkatkan kemampuannya demi bersaing di SEA Games 2017.

"Kita melakukan evaluasi apakah tetap dilaksanakan di Karanganyar atau dipindahkan ke Makassar. Tim pelatnas sendiri secara resmi sudah menjalani pelatnas sebulan terakhir," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk kesiapan Makassar sebagai tuan rumah sendiri memang tidak ada persoalan. Selain didukung sarana dan prasarana yang lengkap, kata dia, juga karena dukungan penuh dari seluruh pihak baik pengurus olahraga, pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, tim pelatnas juga sudah berasakan sendiri saat persiapan di Makassar untuk menghadapi Kejuaran Tenis Meja antar Negara Asia Tenggara bertajuk 10TH South East Asia Table Tennis Championship (Seatta) di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, 21-24 Desember 2016.

Pihaknya juga akan segera menentukan kepastian pemindahan lokasi pelatnas sesegera mungkin. Apalagi agenda pelatnas memang harus terus berlanjut dan tidak boleh dihentikan karena akan memberikan dampak yang negatif.

"Untuk persyaratan lokasi pelatnas bukan hanya soal tempat ataupun ketersediaan konsumsi selama pelatnas. Hal itu juga menyangkut berbagai hal termasuk keberadaan tim ahli gizi untuk bisa mengatur pola makan atlet selama menjalani pelatnas," katanya.

Sekretaris Umum PTMSI Sulsel, Andi Akbar menyatakan pihaknya menyambut baik dengan rencana melaksanakan pemusatan latihan di Makassar.

Apalagi pihaknya jga telah membuktikan bisa menjawab kepercayaan saat dipercaya menjadi penyelenggara Kejuaran Tenis Meja antar Negara Asia Tenggara bertajuk 10TH South East Asia Table Tennis Championship (Seatta) 2016.

Pengprov PTMSI juga berharap dengan pelatnas di Makassar akan meningkatkan motivasi atlet untuk terus meningkatkan kemampuan agar juga bisa terpiluh dan bergabung dalam pelatnas untuk menghadapi kejuaraan internasional kedepan.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017