Malang (ANTARA News) - Universitas Brawijaya (UB) Malang menargetkan pendaftar calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di kampus itu pada tahun akademik 2017/2018 sekitar 60 ribu lulusan SMA sederajat.

"Kami targetkan pendaftar calon mahasiswa baru (maba) dari jalur SNMPTN atau undangan tahun ini bisa meningkat lagi paling tidak mencapai 60 ribuan," kata Wakil Rektor 1 UB Prof Dr Kusmantoro di Malang, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengakui pendaftar tahun lalu sempat menurun atau hanya sekitar 48 ribuan orang dan tahun ini ditargetkan meningkat kembali hingga mencapai 60 ribuan pendaftar. "Tahun ini kuota (daya tampung) maba dibatasi hanya 10 ribu untuk jenjang sarjana S1 karena secara bertahap akan menambah kuota mahasiswa magister (S2) dan doktoral (S3)," katanya.

Menyinggung pendaftaran SNMPTN yang sudah dibuka sejak 21 Februari dan berakhir 6 Maret 2017, Kusmantoro mengatakan jumlah pendaftar terdata sebanyak 10.075 (per 1 Maret). Dari jumlah sementara itu, 1.505 di antaranya merupakan pendaftar Bidikmisi.

Secara rinci Kusmantoro menyebutkan pendaftar UB sebagai pilihan PTN pertama sebanyak 6.823 dan yang memilih UB sebagai PTN kedua sebanyak 3.252. Dengan persentase pendaftar lebih besar dari jurusan IPA.

Sedangkan jurusan atau program studi yang lebih banyak menarik minat calon maba dari jurusan IPS adalah Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Manajemen. Sementara dari jurusan IPA adalah Pendidikan Dokter, Farmasi, Agribisnis, dan Teknik Informatika.

Untuk jurusan dengan peminat terendah sementara ini di antaranya adalah jurusan Seni Rupa Murni, Administrasi Pendidikan, dan jurusan Instrumentasi. "Saya berharap para pendaftar lebih berhati-hati dan mengecek lagi persyaratan untuk setiap jurusan," ujarnya.

Sebab, lanjutnya, jangan sampai sudah mendaftar, namun ternyata memiliki kekurangan pada salah satu persyaratan, seperti menderita buta warna, padahal itu menjadi salah satu syarat untuk mendaftar di jurusan yang dipilih.

Setelah pendaftaran usai, tim dari tiap-tiap perguruan tinggi akan menyeleksi para pendaftar dan mengadakan tes sesuai persyaratan yang dibutuhkan.

Sementara itu di Universitas Negeri Malang (UM) jumlah pendaftar SNMPTN saat ini tercatat sebanyak 10.176 calon maba. Sedangkan tahun lalu, hingga hari terakhir pendaftaran tercatat sebanyak 17.900 calon dengan kuota sebanyak 1.900 maba.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017