Kulon Progo (ANTARA News) - Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto menyelenggarakan Jogjakarta Internasional Air Show (JIAS) 2017 untuk memperkenalkan kedirgantaraan kepada masyarakat dan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Jogjakarta International Air Show (JIAS) 2017 akan digelar 26 hingga 30 April 2017 di lima kabupaten/kota di DIY.

"Salah satu kabupaten yang nanti akan menjadi lokasi JIAS adalah Kabupaten Kulon Progo," kata Samyoga.

Ia mengatakan biasanya kegiatan berskala internasional diselenggarakan di Pantai Depok dan Parangtritis, Bantul, tapi mulai tahun ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di DIY.

Samyoga menjelaskan, seluruh kegiatan JIAS nanti dapat bersinergi dengan program yang diselenggarakan Pemkab Kulon Progo seperti olahraga bersama, kesenian daerah dan bazaar pembangunan.

Ia juga mengharapkan partisipasi dari seluruh siswa SD hingga SMA di Kulon Progo untuk menyaksikan kegiatan tersebut. JIAS 2017 akan menampilkan perlombaan olahraga dirgantara, seperti Microlight, Aeromodeling, Paramotor, Terbang Layang, Gantole dan Terjun Payung.

Dia mengatakan ada 19 Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dari sejumlah daerah yang menyatakan ikut berpartisipasi dalam JIAS 2017. Sementara 26 peserta dari luar negeri meliputi Amerika, Australia, Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Malaysia, juga telah menyatakan kesediaannya berpartisipasi.

"Tahun ini JIAS akan memecahkan rekor MURI berupa big formation terjun payung dengan peserta nasional maupun internasional," kata Samyoga.

Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono menyatakan Pemkab Kulon Progo siap mendukung dan menyukseskan JIAS 2017. JIAS di Kulon Progo merupakan sarana publikasi dan promosi yang tepat sebelum acara Menoreh Night Festival pada Mei mendatang.

Ia mengatakan ada dua pilihan lokasi untuk penyelenggaraan JIAS 2017 yakni Alun-alun Wates atau Stadion Cangkring.

"Kami belum memutuskan lokasi pelaksanaan JIAS 2017," katanya.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna mencari format yang tepat, sehingga dapat bersinergi dengan kegiatan kedirgantaraan.

"Kami akan rapat koordinasi dengan SKPD terkait pelaksanaan kegiatan seputar April yang dapat dilaksanakan untuk mendukung JIAS," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017