Bogor (ANTARA News) - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan mengapresiasi antusiasme warga khususnya Kota Bogor, Jawa Barat, yang penuh suka cita menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Istana Bogor, Rabu.

Kapolda menilai, ada kedekatan emosional yang membuat warga begitu antusias hadir menyambut kedatangan pelayan dua Tanah Suci, Makkah dan Madinah tersebut.

"Menurut saya, warga begitu antusias karena ada hubungan bathin khusus yang terjalin antara Indonesia dan Arab Saudi, bukan hanya hubungan politik, dan ekonomi, tetapi karena Indonesia penduduk Islam terbesar di dunia," kata Anton.

Anton menyebutkan, kedekatan emosional juga muncul karena Raja Salman merupakan pemimpin dari Kota Makkah dan Madinah, tempat umat Islam melaksanakan haji setiap tahunnya.

Selain itu, kunjungan Raja Salman ke Indonesia merupakan yang pertama kalinya, setelah tahun 1970, artinya 47 tahun sudah berlalu dari kunjungan perdana Raja Arab Saudi ke Indonesia.

"Ada hubungan religius ini yang membuat kunjungan Raja Salman berbeda dengan kunjungan tamu negara lainnya. Tidak ada penolakan," katanya.

Sementara itu, lanjutnya, suasana penyambutan berlangsung cair, arus lalu lintas lancar, karena diberlakukan rekayasa lalu lintas. Selama 15 menit sebelum rombongan tiba.

"Kami meminta maaf karena adanya rekayasa lalu lintas, dan penutupan arus sebelum kedatangan dan kepulangan. Kami berterimakasih kepada warga yang sudah tertib hadir menyambut Raja Salman," kata Anton.

Raja Salman datang ke Indonesia dalam rangka menjawab undangan Presiden Joko Widodo pada kunjungan ke Arab Saudi 2015 lalu. Pertemuan pimpinan kedua negara tersebut dilangsungkan di Istana Bogor.

Raja Salman ke Indonesia dengan membawa serta sekitar 1.500 delegasi, 10 diantaranya menteri dan 25 pangeran, dilaksanakan sebagai jawaban atas undangan Presiden Joko Widodo pada 2015.

Dalam pertemuan bilateral antara kedua pimpinan tersebut, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi akan menyepakati 10 nota kesepahaman di bidang keamanan, kesehatan, pendidikan, budaya, investasi, UKM, pertanian, perikanan, operasional penerbangan sipil serta hal-hal mengenai Islam.

Kunjungan Raja Salman dijadwalkan 1-9 Maret, selama empat hari akan berada di Jakarta, dan sisa waktunya akan dihabiskan di Pulau Bali.

Kedatangan Raja Salman dan rombongan akan diterima di Istana Bogor, akan dilangsungkan upacara penyambutan tamu kenegaraan.

Raja Salman juga dijadwalkan akan bertemu pimpinan sejumlah Ormas Islam di Masjid Istiqlal, Kamis (2/3) besok.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017