Makassar (Antara) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan Proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) untuk pembangunan infrastruktur prioritas.

"Pemda harus mengembangkan inisiatif lokal atau local wisdom karena Pemda yang lebih tahu potensi dan keunggulan daerah masing-masing serta apa yang diinginkan oleh masyarakatnya,” ujar Menteri Bappenas di Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pembangunan dalam rangka Penyelarasan Kebijakan Pembangunan Nasional dan Daerah Tahun 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan (01/3).

Bambang melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini ditopang oleh tiga komponen; konsumsi; ekspor; dan investasi. Dari ketiga komponen itu, investasi menjadi komponen yang dapat bersumber dari anggaran non-APBN/D, salah satunya ialah dari Kerjasama Pemerintah dan Badan usaha (KPBU) serta skema Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).

Menteri PPN melanjutkan terdapat dua hal yang dapat dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi di daerah; Pertama, melibatkan pihak swasta dalam mengembangkan proyek-proyek pada kawasan yang memiliki daya ungkit (leverage) seperti Kawasan Industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kedua, penghapusan hambatan birokrasi dalam bagi swasta di enam sektor utama, pembenahan iklim investasi di daerah, pemanfataan dan penyaluran dana repatriasi untuk investasi, menjaga daya beli masyarakat, serta reformasi struktural.

Di Rakortek ini pula dipaparkan tiga sektor prioritas yang akan ditingkatkan peranannya terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan, yaitu; industri pengolahan; pariwisata; dan pertanian. 

 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017