Brasilia (ANTARA News) - Presiden Brazil Michel Temer pada Kamis menunjuk Aloysio Nunes sebagai menteri luar negeri baru untuk menggantikan Jose Serra, yang mundur dari jabatannya atas alasan kesehatan.

Penunjukan itu diumumkan oleh juru bicara kepresidenan Alexandre Parola, yang mengatakan bahwa Nunes akan bertugas sebagai Menlu mulai 7 Maret.

Nunes adalah orang dekat Serra di Partai Demokrasi Sosial Brazil (PSDB) dan merupakan mantan Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

Ia berkunjung ke Washington, saat proses pemakzulan berlangsung terhadap mantan Presiden Dilma Rousseff musim panas tahun lalu, untuk memaparkan kepada Pemerintah Amerika Serikat soal masa depan Brazil.

Pada 22 Februari, Serra menyerahkan surat pengunduran dirinya. Ia menyebut masalah kesehatan yang dihadapinya membuatnya tidak dapat bepergian ke luar negeri untuk menjalankan tugas sebagai menteri luar negeri.

Beberapa kalangan memperkirakan Nunes akan meneruskan sikap konservatif Serra, termasuk cenderung keras terkait pemerintahan sosialis di kawasan, demikian Xinhua.

(Uu.T008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017