Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima sumbangan 20 unit mobil Transjakarta Cares dari perusahaan swasta, yakni Yayasan Tahir Foundation.

"Kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Tahir Foundation atas sumbangannya berupa 20 unit mobil Transjakarta Cares," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, unit-unit mobil Transjakarta Cares tersebut akan digunakan untuk membantu para penyandang disabilitas menuju halte bus Transjakarta terdekat, sehingga para penyandang disabilitas dapat menjalankan aktivitasnya dengan mudah dan nyaman.



(Baca juga: Transjakarta buka rute Balai Kota-Kalijodo)

"Transjakarta Cares ini hadir untuk membantu para penyandang disabilitas. Karena biasanya para penyandang disabilitas itu keluar dari rumah saja sudah sulit, makanya kami bantu antarkan sampai halte bus Transjakarta terdekat," ujar Basuki.

Dengan adanya sumbangan mobil-mobil tersebut, dia menuturkan, maka Pemprov DKI Jakarta dapat menghemat penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2017.

"Dengan begitu, APBD bisa dialokasikan untuk sektor-sektor lainnya, misalnya untuk kesehatan, pendidikan, sembako murah untuk warga yang tidak mampu, modal usaha untuk pelaku usaha kecil menengah, dan masih banyak lagi," tutur Basuki.

Sementara itu, Ketua Yayasan Tahir Foundation Dato Sri Tahir mengungkapkan mobil-mobil bantuan itu diberikan agar warga yang memiliki keterbatasan fisik mendapatkan pelayanan transportasi yang sama dengan warga lainnya.

"Mobil-mobil Transjakarta Cares ini kami berikan untuk para penyandang disabilitas supaya bisa ikut merasakan transportasi masal Bus Transjakarta. Bantuan ini juga merupakan berkah bagi kami," ujar Tahir. 

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017