Tokyo (ANTARA News) - Nintendo Switch mulai dijual pada Jumat dalam sebuah peluncuran yang dianggap sebagai langkah kunci dari perusahaan Jepang tersebut untuk berusaha membalikkan penjualan lesu mereka dan bersaing dengan konsol terlaris Sony, PlayStation 4.

Konsol dengan harga 299 dolar Amerika (sekitar Rp3,99 juta), yang dapat dimainkan di rumah atau di mana saja, memasuki bisnis konsol dengan menggunakan strategi mobile gaming, yang meraih kesuksesan pada musim panas lalu melalui Pokemon Go.

Switch mulai dijual di Jepang sekitar pukul 9.00 pagi (waktu setempat) pada Jumat.

Nintendo yang berbasis Kyoto berupaya untuk menjual dua juta Switch pada bulan pertama.

Permintaan yang besar untuk konsol unit baru akan membantu Nintendo keluar dari penjualan buruk mereka dari konsol sebelumnya, Wii U, yang dirilis pada 2012. Tidak seperti penjualan konsol sebelumnya Wii, yang terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia setelah diluncurkan satu dekade lalu.

Switch memiliki layar yang bisa dicopot agar memungkinkan para pemain memasangnya di rumah dan juga digunakan di mana saja seperti tablet dengan kontroler yang dapat dilepas -- disebut Joy-Con -- di kedua sisinya, demikian AFP.

(Baca juga: Nintendo Switch tersedia Maret 2017)

Penerjemah: Monalisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017