PB Djarum berkomitmen dalam melakukan pembinaan terhadap atlet usia dini. Dengan pembinaan yang terstruktur dan berjenjang kami harapkan bisa melahirkan pemain yang lebih berkualitas
Jakarta (ANTARA News) - Perkumpulan Bulu tangkis (PB) Djarum fokus membidik pemain berusia di bawah 11 tahun (U-11) pada Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu tangkis 2017 yang bakal dilakukan di delapan kota dan audisi ini dibuka dari Sumatera, tepatnya di Pekanbaru, Riau, 25-27 Maret.

Program Manajer Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan di Jakarta, mengatakan audisi tahun ini memang ada perubahan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu membidik U-11 dan U-13. Adapun sebelumnya fokus membidik pemain U-13 dan U-15.

"PB Djarum berkomitmen dalam melakukan pembinaan terhadap atlet usia dini. Dengan pembinaan yang terstruktur dan berjenjang kami harapkan bisa melahirkan pemain yang lebih berkualitas," katanya.

Menurut dia, untuk kategori U-11 akan diambil atlet putra dan putri usia 6-11 tahun atau kelahiran 2007-2011. Sedangkan untuk U-13 targetnya usia 11-12 tahun atau kelahiran 2005-2006. Audisinya akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur.

Audisi akan dimulai di Pekabaru 25-27 Maret, dilanjutkan dengan Banjarmasin 8-10 April, Manado 6-8 Mei, Cirebon dan Solo 22-24 Juli, Purwokerto dan Surabaya 5-7 Agustus, Kudus 5-7 September dan final audisi bakal dilakukan di Kudus pada 8-10 September.

Soal penentuan lokasi tersebut Budi mengatakan ada beberapa pertimbangan.

"Lokasi ini ditentukan salah satunya karena banyaknya peminat. Selain itu lokasi ini muda dijangkau. Seperti Pekanbaru. Peserta audisi bisa datang dari Medan, Aceh maupun bisa dari Sumatera Barat. Begitu juga di Manado, peserta dari Gorontalo juga akan mudah untuk datang," katanya menambahkan.

Saat ini, kata Budi, pendaftar audisi sudah banyak yang masuk. Seperti untuk audisi Pekanbaru sudah ada sekitar 200 pendaftar. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat gencarnya publikasi audisi yang dilakukan tiap tahun ini.

"Intinya kami terus mencari atlet-atlet muda yang mampu menjadi penerus tongkat estafet tradisi juara untuk PB Djarum dan juga bagi bangsa Indonesia. Kriterianya harus memiliki daya juang tinggi serta memiliki mentalitas juara," katanya menegaskan.

Guna meraih atlet muda terbaik, PB Djarum bakal menerjukan tim pemandu bakat yang bakal dipimpin oleh legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata. Selain itu ada empat kali juara All England Liem Swie King, Hariyanto Arbi, Sigit Budiarto serta legenda-legenda bulu tangkis lainnya.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017