Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono memerintahkan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengecek seluruh gorong-gorong yang ada di wilayah ibu kota.

"Saya sudah perintahkan Dinas Sumber Daya Air supaya secepatnya mengecek semua gorong-gorong. Cek lagi apakah di tempat lain ada kulit kabel atau tidak," kata Sumarsono di Balai Kota Jakarta Pusat, Selasa.

Perintah tersebut disampaikan secara langsung oleh Sumarsono terkait dengan penemuan kulit kabel di dalam gorong-gorong yang terdapat di Jalan Gatot Subroto beberapa waktu lalu.

Agar lebih efektif dan tidak menghabiskan banyak waktu, menurut dia, pengecekan itu sebaiknya dilakukan terutama di lokasi-lokasi yang terindikasi ada gangguan di dalam saluran air.

"Gorong-gorong itu kan panjang sekali, ribuan kilometer. Supaya gampang, cek saja lokasi yang kira-kira mengalami gangguan di dalam saluran airnya," ujar Sumarsono.

Gangguan-gangguan yang mungkin terjadi di dalam saluran air itu, dia menuturkan, misalnya muncul genangan di suatu lokasi, namun genangan tersebut tidak kunjung surut, sehingga harus dicek gorong-gorongnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan apabila ditemukan ada unsur kesengajaan dalam permasalahan tersebut, maka pihaknya akan menindaklanjutinya lewat jalur hukum.

"Karena tindakannya itu merugikan banyak pihak. Makanya, kalau perbuatannya terbukti dilakukan dengan sengaja, kami pasti akan menindaknya secara hukum," ungkap Sumarsono.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017