Seoul (ANTARA News) - Mahkamah Konstitusi Korea Selatan mengatakan Rabu bahwa mereka akan membuat keputusan akhir tentang impeachment (pemakzulan) Presiden Park Geun-hye akhir pekan ini.

Putusan, apakah akan secara permanen “mengusir” Park dari kantornya atau mengembalikannya, akan diambil pada hari Jumat pukul 11:00 waktu setempat (0200 GMT), pengadilan mengatakan di situsnya sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Ini akan disiarkan langsung mengingat perhatian publik berpusat pada impeachment. Sesi permohonan impeachment juga telah ditayangkan langsung melalui website pengadilan.

Gerakan untuk mendakwa President Park disahkan pada 9 Desember melalui Majelis Nasional dengan dukungan luar biasa.

Jika enam dari delapan hakim meluluskan gerakan ini, Park akan dipaksa keluar dari kantor. Jika lebih dari tiga hakim menolak usulan itu, Park akan diaktifkan kembali segera.

Tanggal putusan ditetapkan pada hari Jumat karena penjabat kepala keadilan dijadwalkan akan pensiun Senin depan.

Sebuah pemilihan presiden harus diadakan dalam 60 hari jika impeachment disetujui. Park akan dikenakan dakwaan dan penahanan saat ia kehilangan kekebalan sebagai kepala negara.

Jaksa khusus, yang menyelidiki skandal korupsi President Park selama 70 hari, mengidentifikasi Park berkonspirasi dengan Choi Soon-sil untuk beberapa tuduhan termasuk penyuapan.

Choi sekarang dalam tahanan untuk ikut campur dalam urusan negara di balik layar dan menjajakan pengaruh yang tidak semestinya untuk keuntungan pribadi, demikian Xinhua melaporkan.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017