Selasa, 23 Mei 2017

UGM-UNNC jalin kerja sama pendidikan dan penelitian

| 5.838 Views
UGM-UNNC jalin kerja sama pendidikan dan penelitian
UGM (en.wikipedia.org)
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan University of Nottingham Ningbo China (UNNC) menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Paripurna P Sugarda dan Provost UNNC Chriss Rud di Yogyakarta, Kamis.

Chriss Rud mengatakan bentuk kerja sama yang akan dilakukan dalam bidang pendidikan antara lain pertukaran dosen dan mahasiswa dan dalam bidang penelitian berupa pelaksanaan kolaborasi riset antara kedua perguruan tinggi tersebut.

Kerja sama yang dilakukan dengan UGM, menurut dia, menjadi kesempatan untuk memperluas wilayah studi yang dimiliki UNNC. Selain itu juga memperkuat riset-riset yang akan dilakukan nanti.

"Ke depan diharapkan kesempatan kerja sama antara UNNC dengan UGM bisa dilakukan dalam cakupan yang lebih luas," katanya.

Ia mengemukakan UNNC membuka kesempatan bagi seluruh pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara dunia untuk belajar di kampus tersebut. Banyak mahasiswa dari luar Tiongkok yang melanjutkan studi ke UNNC.

"Mahasiswa itu berasal dari 60 negara. Kami terbuka menerima mahasiswa dari berbagai negara termasuk dari Indonesia," katanya.

Paripurna Sugarda mengatakan UGM membuka kesempatan untuk pelaksanaan kerja sama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dengan UNNC. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.

"UGM memiliki program KKN yang bisa juga dikerjasamakan ke depan. Program KKN merupakan salah satu sarana pembelajaran mahasiswa untuk mengimplementasikan secara langsung ilmu pengetahuan ke masyarakat," katanya.

Menurut dia, melalui program KKN, mahasiswa dari berbagai program studi bekerja sama membantu menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat. Selain itu juga membantu menyukseskan implementasi program pemerintah ke masyarakat.

"Lebih dari 8.000 mahasiswa dikirim ke berbagai wilayah Indonesia setiap tahun untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat itu. Banyak mahasiswa asing dari berbagai negara dunia yang mengikuti KKN di UGM," katanya.

(U.B015/J003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga