Makassar (ANTARA News) - Tim tenis meja Indonesia terus fokus meningkatkan kemampuan atlet termasuk dengan menyiapkan diri mengikuti kejuaraan tenis meja Asia di Tiongkok pada April 2017.

"Ketua Umum PP PTMSI Oegroseno telah menyatakan jika timnas akan mengikuti kejuaraan Asia di Tiongkok pada April 2017, sebagai bagian dari persiapan menghadapi SEA Games," jelas Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Sulsel, Andi Akbar di Makassar, Jumat.

Ketua Umum PP PTMSI Oegroseno sebelumnya hadir secara langsung dalam kegiatan rapat koordinasi nasional (Rakornas) di Makassar, 1 Maret 2017.

Ia menjelaskan, timnas selama ini memang cukup rutin mengelar uji coba di Tiongkok. Kualitas kejuaraan serta banyaknya calon lawan yang punya kemampuan maksimal dinilai cocok untuk memberikan pelajaran khusus bagi para atlet timnas.

Negara "Tirai Bambu" itu juga selama ini dikenal sebagai penghasil atlet tenis meja dunia dan telah terbukti diberbagai kejuaraan internasional.

"Timnas memang membutuhkan lawan sparing yang punya kemampuan sehingga bisa melihat seperti apa kelemahan atlet sebelum berlaga di SEA Games. Itupun sehingga PTMSI memutuskan untuk kembali beruji coba di China,"ujarnya.

Ketua Umum PP PTMSI Oegroseno ketika hadir di Makassar, menjelaskan berencana memindahkan lokasi pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games dari Karanganyar Solo ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Rencana pemindahan ini juga untuk memberikan suasana baru bagi para atlet agar semakin termotivasi dalam meningkatkan kemampuannya demi bersaing di SEA Games 2017.

"Kita melakukan evaluasi apakah tetap dilaksanakan di Karanganyar atau dipindahkan ke Makassar. Tim pelatnas sendiri secara resmi sudah menjalani pelatnas sebulan terakhir," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk kesiapan Makassar sebagai tuan rumah sendiri memang tidak ada persoalan. Selain didukung sarana dan prasarana yang lengkap, kata dia, juga karena dukungan penuh dari seluruh pihak baik pengurus olahraga, pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, tim pelatnas juga sudah berasakan sendiri saat persiapan di Makassar untuk menghadapi Kejuaran Tenis Meja antar Negara Asia Tenggara bertajuk 10TH South East Asia Table Tennis Championship (Seatta) di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, 21-24 Desember 2016.

Pihaknya juga akan segera menentukan kepastian pemindahan lokasi pelatnas sesegera mungkin. Apalagi agenda pelatnas memang harus terus berlanjut dan tidak boleh dihentikan karena akan memberikan dampak yang negatif.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017