Jakarta (ANTARA News) - Hasil pertarungan antara Persib dan Semen Padang, Sabtu (11/3), demi memperebutkan peringkat ketiga Piala Presiden 2017 sangat mungkin ditentukan oleh kreativitas para gelandang di lini tengah kedua tim.

Lihat saja statistik pemain tersubur pada Piala Presiden edisi kedua ini. Di tujuh besar daftar, ada nama gelandang andalan Semen Padang Vendry Mofu, dengan lima gol, dan pemain veteran Persib yang biasa mengisisi posisi sayap, Atep Rizal, pelesak tiga gol ke gawang lawan.

Kesuburan keduanya tentu tidak akan disia-siakan masing-masing pelatih. Semen Padang bisa memanfaatkan faktor ini dengan baik karena penyerang utama mereka, Marcel Sacramento dalam keadaan siap tempur.

Pemain Amerika Selatan ini hampir saja memuncaki daftar pencetak gol terbanyak sementara dengan enam gol, kalau saja Cristian Gonzales tidak "menggila" dengan lima golnya kala membawa Arema FC menaklukkan Semen Padang.

Sayangnya, kondisi tidak begitu baik dialami Persib. Penyerang utama mereka, Sergio van Dijk, yang sudah membuat tiga gol di Piala Presiden 2017, masih cedera dan sepertinya pelatih Djadjang Nurjaman masih akan mengandalkan pemain Jepang, Shohei Matsunaga.

Persib sendiri sebenarnya salah satu tim dengan lini tengah terbaik di gelaran Piala Presiden 2017 dengan barisan pemain muda berbakat. Jika Nil Maizar tidak mewaspadai, nama-nama pemain seleksi tim nasional U-22 seperti Febri Haryadi dan Gian Zola bisa membahayakan gawang timnya yang dikawal Muhammad Ridwan.

Selain itu, faktor yang bisa merapuhkan permainan Semen Padang adalah mental. Kekalahan sangat telak dari Arema FC dengan skor 5-2 di semifinal leg kedua, setelah unggul 1-0 di laga perdana, bisa mempengaruhi kualitas permainan Vendri Mofu dan kawan-kawan.

Namun, pihak Kabau Sirah sendiri sudah mengantisipasi faktor non-teknis ini. Mental menjadi salah satu yang dipersiapkan demi mengatasi perlawanan Persib.

"Dalam menghadapi tim yang dipenuhi banyak pemain bintang tersebut, diperlukan beberapa persiapan seperti taktik berlapis di lapangan, kondisi fisik pemain, serta mental dan emosi ketika pertandingan agar tidak terpancing tim lawan," kata Direktur Umum PT. Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Rinold Thamrin, Kamis (9/3).

Dan jangan lupakan pula catatan tidak kebobolan Semen Padang selama lima pertandingan beruntun Piala Presiden sebelum akhirnya dijebol lima kali oleh seorang Cristian Gonzales. Ini membuktikan sisi pertahanan yang digalang Novan Sasongko, Cassio Francisco De Jesus, Novrianto dan Boaz Atururi memiliki kualitas mumpuni untuk meredam Persib.

Akan tetapi, Semen Padang mesti selalu punya kewaspadaan tinggi, terutama ketika menghadapi bola-bola mati. Sebab jika lengah, bek tengah Persib bertinggi badan 1,89 meter asal Montenegro Vladimir Vujovic bisa memanfaatkan peluang. Sebagai informasi, Vujovic sudah membuat tiga gol untuk Persib, sama dengan jumlah gol Atep.

Pertandingan Persib melawan Semen Padang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Selama bermain konsisten dan konsentrasi, peluang menang kedua tim bisa dikatakan 50:50 dan sangat mungkin berakhir dengan adu penalti.

Pewarta: Michael S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017