Jambi (ANTARA News) - Universitas Jambi mewisuda 990 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral di Balairung Kampus Pinang Masak Mendalo Jambi, Sabtu.

Wisuda ke-75 tersebut digelar dalam rapat terbuka senat yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof Johni Najwan yang dihadiri Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek-Dikti Prof Intan Ahmad dan para anggota senat universitas itu.

"Saya menginginkan para wisudawan ini tidak terfokus mencari pekerjaan saja, tapi bagaimana juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan," kata Rektor Universitas Jambi Prof Johni Najwan.

Lulusan Universitas Jambi juga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing karena kompetisi sumber daya manusia (SDM) sekarang ini semakin ketat untuk pembangunan suatu daerah.

Wisuda lulusan dari 12 fakultas di perguruan tinggi itu, terbanyak dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 331 orang, disusul Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 167 orang, Ekonomi dan Bisnis 140 orang dan Fakultas Hukum 104 orang .

Kemudian Ilmu Keolahragaan 22 orang, Ilmu Sospol delapan orang, Kehutanan 13 orang, Pertanian 63 orang, Peternakan 34 orang, Sains dan Teknologi 16 orang dan Fakultas Teknologi Pertanian enam orang. Sedangkan dari program pascasarjana 86 orang.

"Universitas Jambi melepas 990 wisudawan dengan rincian yang terdiri program Doktor sebanyak satu orang, Magister (S2) sebanyak 85 orang dan Sarjana (S1) sebanyak 881 orang," kata Johni.

Selain itu ia menekankan kepada wisudawan agar lebih mempersiapkan diri supaya mampu bekompetisi dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang persaingannya semakin ketat.

"Kita berharap mereka jangan puas terhadap ilmu itu, tapi setelah lulus ini harus meningkatkan kualitas diri di manapun berada supaya dapat bersaing," kata Johni Najwan.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017