Berlin (ANTARA News) - Hertha Berlin berhasil meraih kemenangan dalam laga pekan ke-24 Bundesliga Jerman dengan mempecundangi tim tamu Borussia Dortmund 2-1 di Stadion Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu.

Kemenangan itu diraih Hertha berkat gol-gol yang dicetak Salomon Kalou dan Marvin Plattenhardt, sementara Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol balasan untuk Dortmund.

Meski demikian hasil itu tak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara Bundesliga, Dortmund tetap di urutan ketiga dengan 43 poin, sedangkan Hertha (40) di peringkat kelima.

Kalou membawa tuan rumah unggul saat pertandingan baru berjalan 11 menit, dengan sontekan mudah menyambut umpan Vedad Ibisevic yang berhasil merebut bola di area pertahanan lawan dari kaki Matthias Ginter.

Kedudukan tersebut bertahan hingga turun minum, meski Dortmund berusaha untuk mencetak gol penyeimbang.

Upaya tim besutan Thomas Tuchel itu akhirnya membuahkan hasil 10 menit memasuki babak kedua, saat sebuah kemelut di depan gawang justru membuat bola berakhir di kaki Shinji Kgawa yang memilih menyodorkannya kepada Aubameyang yang dengan dingin menyarangkannya ke dalam gawang demi mengubah skor 1-1 pada menit 55.

Pada menit 69, Aubameyang hampir membawa Dortmund membalikkan keadaan namun sontekannya ke area tiang jauh masih sedikit melebar dari sasaran.

Dua menit berselang, tuan rumah justru merebut kembali keunggulan yang sempat mereka miliki dengan eksekusi tendangan bebas tanpa cela dari Marvin Plattenhardt yang bersarang ke sudut kanan atas gawang tak terantisipasi penjaga gawang Roman Buerki sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Hertha pada menit 71.

Andre Schuerrle hampir menyamakan kedudukan untuk Dortmund pada menit 83, namun percobaan tembakannya yang melengkung masih menyamping tipis dari sasaran.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Bundesliga Jerman:

Hertha Berlin (4-2-3-1): Rune Jarstein (PG); Peter Pekarik, Sebastian Langkamp, John Brooks, Marvin Plattenhardt; Niklas Stark, Per Ciljan Skjelbred; Genki Haraguchi (Sami Allagui), Vladimir Darida, Salomon Kalou (Maximilian Mittelstaadt); Vedad Ibisevic (Mitchell Weiser)
Pelatih: Pal Dardai

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Roman Buerki (PG); Matthias Ginter, Marc Bartra, Marcel Schmelzer; Gonzalo Castro (Ousmane Dembele), Shinji Kagawa, Julian Weigl, Raphael Guerreiro; Erik Durm (Christian Pulisic), Andre Schuerrle (Mikel Merino); Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Thomas Tuchel

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017