Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Gelandang Liverpool, Emre Can, mencetak gol kemenangan yang mengantarkan timnya menundukkan Burnley 2-1 dalam laga pekan ke-28 Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Senin dini hari WIB.

Gol tersebut dicetak Can pada menit 61 dengan sebuah tendakan spekulasi dari luar kotak penalti menyelesaikan bola sodoran Divock Origi.

Tendangan mendatar tersebut menghujam ke sudut kanan bawah gawang tak terjangkau penjaga gawang Tom Heaton dan sepenuhnya membalikkan keadaan setelah pasukan besutan Juergen Klopp itu sempat tertinggal lebih dulu dari gol cepat tim tamu.

Mengawali pertandingan dengan buruk barisan pertahanan Liverpool kerap teledor membiarkan Andre Gray mencuri posisi unggul di awal-awal laga, hingga akhirnya Burnley berhasil mengejutkan tuan rumah dengan merebut keunggulan pada saat laga baru berjalan tujuh menit.

Diawali dari kelalaian Liverpool menjaga lini tengah, Matthew Lowton mendapati ruang leluasa untuk melepaskan umpan silang tajam, yang meski tak terjangkau Gray namun berhasil disambut Ashley Barney di area tiang jauh.

Barney "dibiarkan" oleh Nathaniel Clyne menyambut bola umpan silang tersebut, dan mengarahkannya ke area tiang berlawanan meninggalkan penjaga gawang Simon Mignolet dengan tugas mustahil menyelamatkan percobaan tembakan tersebut.

Sejak itu, Liverpool membutuhkan waktu hampir setengah jam pertandingan sebelum mereka bisa membangun serangan yang cukup teratur.

Akhirnya, tepat di pengujung babak pertama Georginio Wijnaldum berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat golnya pada menit 45+1.

Wijnaldum awalnya berusaha melakukan tendang akrobatik saat menyambut umpan silang Origi, namun bola terbentur badannya sendiri dan beruntung masih di ruang jangkauannya untuk dilesakkan ke dalam gawang menaklukkan Heaton.

Dua assist yang dicatatkan Origi membuktikan pilihan tepat pelatih Juergen Klopp mengisi ruang yang ditinggalkan Roberto Firmino yang mengalami masalah kesehatan jelang laga tersebut.

Perjudian Klopp menarik keluar Philippe Coutinho digantikan Ben Woodburn selepas gol Can juga cukup berhasil, meski tak mampu menambah pundi-pundi gol namun pemuda itu lebih sering turun membantu menghentikan aliran bola dari lini tengah, termasuk lewat perannya mengawal ketat menutup ruang umpan lawan.

Di sisi lain, determinasi para pemain Liverpool menjaga keunggulan tersebut terlihat dengan reaksi Adam Lallana dan Ragnar Klavan yang segera pasang badan demi menghalau upaya percobaan tembakan Barnes sesaat setelah Can mencetak gol.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Joel Matip, Ragnar Klavan, James Milner; Georginio Wijnaldum, Emre Can, Adam Lallana; Sadio Mane, Divock Origi (Lucas Leiva), Philippe Coutinho (Ben Woodburn)
Pelatih: Juergen Klopp

Burnley (4-4-2): Tom Heaton (PG); Matthew Lowton, Michael Keane, Ben Mee, Stephen Ward; George Boyd (Robbie Brady), Joey Barton, Jeff Hendrick, Scott Arfield (Daniel Agyel); Ashley Barnes, Andre Gray (Sam Vokes)
Pelatih: Sean Dyche

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017