Kalau Persib meningkat otomatis kualitas Liga Indonesia akan meningkat
Bandung (ANTARA News) - Kehadiran mantan pemain Chelsea Michael Essien ke Persib Bandung diharapkan dapat meningkatkan kualitas tim maupun persepakbolaan Indonesia.

"Kalau Persib meningkat otomatis kualitas Liga Indonesia akan meningkat," ujar salah satu petinggi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Tedy Cahyono di Bandung, Selasa.

Tedy menuturkan, sebelum Essien resmi berlabuh ke Persib, klub tersebut sempat melakukan komunikasi dengan beberapa agen pemain bintang lainnya seperti Dimitar Berbatov, Didier Drogba, Rob Keane, dan legenda hidup Barcelona Ronaldinho.

Namun hasil negosiasi dengan agen akhirnya Essien terpilih sebagai pemain bintang yang berhasil didaratkan ke Bandung, sebagai jawaban dari berbagai isu yang berkembang di sosial media.

"Awalnya kita memang mencari pemain bintang. Ide awal kita mencari karena kita punya hubungan dengan agen di luar negeri. Waktunya berbulan-bulan, sempat ada Ronaldinho namun gagal, ada penawaran pemain bintang lainnya yang ada di sosial media. Tapi hasil nego dengan beberapa agen kita dapetnya Essien, kebutuhan tim memang butuh posisi itu," kata dia.

Meski berhasil mendapatkan tandatangan mantan pemain Real Madrid dan AC Milan tersebut, klub harus bersusah payah meyakinkan Essien untuk mau bermain Indonesia. Apalagi Kota Bandung sempat dilanda teror bom dan merusak negosiasi dengan Essien.

"Sempat mundur lagi, mesti kita bujuk lagi. Kita mesti yakinkan bom bisa di mana saja di Belgia ada bom, jangan takut kita di sini aman, masyarakat ramah. Dia sudah rasakan tiga hari di sini, semoga kerasan di sini," kata dia.

Tedy melanjutkan, kehadiran Essien meramaikan persepakbolaan Indonesia diharapkan mampu menjaring pemain top internasional lainnya untuk berlaga di Indonesia.

"Dengan ada Essien beritanya akan ke mana-mana. Pemain bintang lainnya tahu, dan Essien kerasan di sini, semoga rekan-rekannya tertarik (bermain) ke sini," kata dia.

Tedy sendiri enggan menyebutkan berapa nilai transfer Essien, namun dari nilai yang dirilis transfermrkt 21 Juni 2016 pemain kelahiran Ghana ini memiliki nilai transfer 800 ribu Euro.

Sebelum resmi berkostum Persib, Essien sempat membela kesebelasan asal Yunani, Panathinaikos. Namun kontraknya berakhir lebih cepat setelah pihak klub dan Essien sepakat untuk mengakhiri kontrak.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017