Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Ed Sheeran memuncaki tangga album Billboard 200 berkat album barunya "Divide". Dia juga memuncaki tangga lagu digital Billboard 200 lewat nomor berjudul "Shape of You".

Penyanyi sekaligus pencipta lagu dari Inggris itu berhasil menjual 451.00 unit album "Divide" pada pekan debutnya sehingga menciptakan rekor terbesar penjualan album mingguan di AS untuk tahun ini.

Keberhasil ini menyusul sukses penyanyi berusia 26 tahun itu di Inggris yang albumnya menjadi album solo penyanyia pria yang paling cepat terjual dalam sejarah musik Inggris.

Penyanyi ini juga membuat berita menghebohkan setelah mengumumkan menjadi bintang tamu dalam serial televisi "Game of Thrones" di stasiun televisi HBO.

Tangga album Billboard 200 dihitung berdasarkan penjualan album, penjualan lagu (10 lagu setara dengan satu album), aktivitas streaming (1.500 stream setara dengan satu album).

Album band rock Metallica berjudul "Hardwired...To Self-Destruct" menempati posisi kedua dengan terjual 81.000 unit album.

Pada tangga lagu digital, lagu Sheeran berjudul "Shape of You" terjual 115.000 unit selama sepekan kemarin. Sheeran juga mendudukkan nomor barunya "Perfect" pada peringat 8 Billboard 200, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017