Jakarta (ANTARA News) - Juventus melaju ke perempatfinal Liga Champions usai menyingkirkan tim Portugal, FC Porto, dengan skor 1-0 (agregat 3-0) atas Porto pada leg kedua 16 besar di Stadion Juventus, Rabu pagi waktu Indonesia.

Juventus yang sudah mengantongi bekal kemenangan 2-0 dari leg pertama tetap menurunkan skuat utama pada laga malam ini melawan Porto. Hasilnya, Juventus unggul 1-0 dari sepakan penalti Paolo Dybala pada babak pertama.

Laga ini juga diwarnai kartu merah yang diterima bek Porto, Maximiliano Pereira, akibat menghentikan bola sepakan Higuain menggunakan tangan yang berbuah sepakan penalti.

Hasil ini memastikan Juventus bergabung dengan Real Madrid, Barcelona, Bayern Muenchen, Borussia Dortmund dan Leicester di babak perempatfinal Liga Champions.

(Baca: Leicester lolos ke perempatfinal)

Jalannya laga

Juventus langsung menekan Porto lewat serangan Mandzukic dan Dybala saat laga baru berumur 3 menit. Tandukan Mandzukic yang diteruskan sepakan first time Dybala juga tidak berbuah gol pada menit ke-6.

Sebaliknya, Buffon berhasil menyelamatkan gawang Juventus dari serangan Soares pada menit 11.

Juventus kembali mencetak peluang dari upan silang Dybala kepada Mandzukic, namun belum juga berbuah angka pada menit 34.

Juventus akhirnya memecah kebuntuan dari sepakan penalti Dybala pada menit 42 menyusul pelanggaran Maximiliano Perreira yang menghentikan sepakan keran Higuain menggunakan lengan kanannya. Iker Casillas pun tidak mampu membaca arah penalti Dybala. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Juvetus tetap menekan Porto pada babak kedua. Casillas harus jatuh-bangun menghentikan serangan Juventus yang dibangun Dani Alves dari sayap kanan.

Porto membuang peluang emas saat sepakan Soares melenceng ke sisi kanan gawang padahal hanya berhadapan dengan Buffon pada menit 50. Melihat peluang terbuang percuma, pelatih Porto terlihat kecewa di pinggir lapangan.

Higuain yang diplot sebagai penyerang pada laga ini belum menghasilkan peluang emas. Pada menit 67, sepakan penyerang Argentina itu melebar ke sisi gawang Casillas.

Juventus menurunkan tempo pertandingan pada 15 menit menjelang laga berakhir sehingga tidak ada peluang yang tercipta. Skor 1-0 (agregat 3-0) untuk Juventus bertahan hingga pertandingan dinyatakan selesai oleh wasit Ovidiu Hategan asal Rumania.

Statistik UEFA mencatat Juventus unggul 62 berbanding 38 persen penguasaan bola dengan melepaskan tiga sepakan on target sementara Porto melesakkan dua tendangan.

Susunan pemain:

Juventus:
Buffon; Dani Alves, Bonucci, Benatia, Alex Sandro; Marchisio, Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain
Cadangan:Neto, Chiellini, Pjanic, Barzagli, Pjaca, Lichtsteiner, Rincon

Porto: Casillas; Maxi Pereira, Marcano, Felipe, Layun; Danilo Pereira, Andre Andre, Oliver Torres; Brahimi, Andre Silva, Soares
Cadangan: Jose Sa, Boly, Ruben Neves, Herrera, Otavio, Diogo Jota, Depoitre.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017