Jakarta (ANTARA News) - Pihak berwenang Malaysia hari ini mengungkapkan bahwa alasan mereka menyimpulkan jenazah pria Korea Utara yang dibunuh Februari lalu di bandara Kuala Lumpur sebagai Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, didasarkan dari sampel DNA anak korban bernama Kim Han-sol.

Pertanyaanya, di manakah kini Kim Han-sol berada?  Beberapa hari lelaki muda tampil dalam video yang viral di YouTube dan banyak kalangan menyebutkan dia berada di Macau, China, yang menjadi tempat persembunyiannya sekarang.

Namun kantor berita Korea Selatan Yonhap pekan lalu melaporkan bahwa Kim Han-sol kemungkinan sudah pergi ke Belanda untuk mencari suaka.

Han-sol pernah menampik tawaran kuliah di Universitas Oxford, Inggris, karena takut pamannya, Kim Jong-un, akan membunuhnya jika meneruskan studi di Inggris.

Kabarnya pacar Kim Han-sol saat ini berkuliah di Oxford dan tadinya dia ingin menemani sang pacar berkuliah di universitas bergengsi Inggris itu. Namun para agen dinas rahasia China yang selama ini mengawalnya memperingatkan dia bahwa jiwanya terancam jika memutuskan berkuliah di Inggris.

Thae Yong Ho, pembelot Korea Utara yang sebelumnya menjadi diplomat di London, menilai motif pembunuhan Kim Jong-nam adalah karena adik tirinya yang sedang berkuasa di Korea Utara berusaha mengonsolidasikan kekuasaan, dan Jong-nam dianggapnya sebagai penghalang.

Han Sol dianggap sebagai kunci yang membuat Malaysia memastikan jenazah Kim Jong-nam.

Baca juga: (Misteri dasar Malaysia simpulkan Kim Jong-nam akhirnya tersingkap)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017