Malang, Jatim (ANTARA News) - Sejumlah santri berdiri di bawah teduhnya pepohonan di halaman Pondok Pesantren Al Hikam pada Rabu, menunggu Presiden Joko Widodo selesai menjenguk anggota Dewan Pertimbangan Presiden Hasyim Muzadi.

Demi memohon kesembuhan Hasyim Muzadi, para santri di pesantren itu melakukan khatam Al Quran--membaca Al Quran hingga selesai setiap hari. Hal tersebut diungkapkan Ketua Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa Al Hikam, Malang Marzuki Nur Syamsuri (21), saat ditemui Antara.

"Kami doa bersama dan melakukan khatam Al Quran setiap hari. Para santri-santri yang membaca waktunya digilir," kata Marzuki.

Marzuki menjelaskan kegiatan khatam Al Quran sehari itu telah dimulai sejak awal Maret 2017.

Setiap harinya, sekitar 10 santri bergantian membaca Al Quran selama 4 jam untuk kemudian bergantian dengan 10 santri lain untuk waktu yang sama.

"Biasanya dimulai dari subuh sampai malam. Kemarin itu sampai jam 12.00-an, ada yang juga sampai 24 jam. Jadi gilir saja sampai sekarang," kata Marzuki.

Marzuki menceritakan, KH Hasyim merupakan panutan para santri yang selalu mengajarkan makna kehidupan dan perdamaian.

Seluruh santri, ungkap Marzuki, merasa prihatin atas kondisi kesehatan Hasyim yang menurun.

"Doa dari kami juga selalu penuh untuk bapak untuk sembuh dan kembali segar. Kami sangat berharap karena pondok sendiri masih sangat membutuhkan bimbingan dari pak Kyai," ujar Marzuki.

(Baca: Keluarga berharap kedatangan Jokowi semangati Kyai Hasyim untuk sembuh)

Presiden menjenguk


(ANTARA FOTO/Dicky Bisinglasi/Pool)


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berkunjung menjenguk Hasyim Muzadi di kediamannya di Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Presiden berharap Hasyim segera pulih dan mendapat kesembuhan.

"Kita menengok Pak Kyai Haji Hasyim Muzadi. Kita semuanya berdoa beliau dapat segera diberi kesembuhan secepatnya," kata Presiden.

Pada beberapa waktu lalu, kondisi kesehatan KH Hasyim Muzadi menurun dan sempat dirawat di RS Lavalette.

Setelah dilakukan perawatan selama beberapa hari, kondisi kesehatan mantan Ketua PBNU itu membaik dan diperbolehkan pulang ke kediaman di Lowokwaru.

Keterangan dari RS Lavalette menjelaskan mantan Ketua Umum PB NU tersebut ingin menjalani masa pemulihan di kediamannya.

(Baca: Jokowi tawarkan dokter kepresidenan bantu rawat Hasyim Muzadi)

Oleh Bayu Prasetyo
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017