Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palembang segera membuat kampung pempek untuk dijadikan destinasi wisata baru untuk memanfaatkan momentum Asian Games XVIII tahun 2018.

Wakil Wali Kota, Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu, mengatakan, kehadiran Kampung Pempek ini diharapkan dapat dijadikan tempat masyarakat berkreasi dan berinovasi dalam menggarap bisnis kuliner.

"Makanan khas Palembang yakni pempek saat ini sudah sangat dikenal di dalam dan luar negeri, dan pemkot menilai sayang jika sebatas wisata kuliner, tapi perlu dikembangkan menjadi wisata lainnya," kata dia.

Oleh karena itu, pemkot berkeinginan membuat satu tempat yang bisa dijadikan sebagai Kampung Pempek.

Salah satu kawasan yang ingin dijadikan Kampung Pempek yakni di kawasan Kampung Kapitan dan 7 Ulu karena sudah berdiri sejumlah industri rumah tangga pembuatan pempek.

"Kawasan ini nantinya akan dibenahi agar lebih rapi. Bahkan, kami ingin buat dapur percontohan. Jadi, dapur ini bisa kita jadikan salah satu destinasi wisata bagi wisatawan yang ingin melihat cara membuat pempek," kata Finda.

Pemerintah Kota Palembang akan mempercepat pembangunan di bidang pariwisata untuk memanfaatkan momentum Asian Games tahun 2018.

Sejumlah destinasi wisata baru mulai digarap seperti Kampung Arab di kawasan Seberang Ulu.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017