Belanda, oh Belanda, kalian memang juara!.....Selamat untuk kemenangan besar ini
Amsterdam, Belanda (ANTARA News) - Pemerintahan tengah-kanan pimpinan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di ambang menang telak terhadap tokoh anti-Islam dan anti-Uni Eropa Geert Wilders pada Pemilu yang digelar Rabu waktu setempat.

Kabar gembira ini menyemangati berbagai pemerintahan Uni Eropa lainnya yang tengah menghadapi gelombang nasionalisme. Dua di antara yang tersemangati adalah Jerman dan Prancis.

Para pemimpin kedua negara itu langsung mengucapkan selamat kepada Mark Rutte.

Kepala Staf Kanselir Jerman Angela Merkel, Peter Altmaier, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya dengan mencuit, "Belanda, oh Belanda, kalian memang juara!.....Selamat untuk kemenangan besar ini."

Sedangkan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault mencuit, "Selamat kepada Belanda telah membendung naiknya ultra kanan."

Kemenangan Mark Rutte ini juga mendorong nilai kurs euro melesat ke tingkat tertinggi sejak 7 Februari silam, demikian Reuters.

Prancis tengah menghadapi ancaman tokoh sayap kanan esktrem Marine Le Pen dalam Pemilu Presiden, sedangkan Jerman diancam Alternatif Jerman yang anti Uni Eropa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017