Johor Bahru, 16/3 (Antara) - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi mengharapkan para tenaga kerja Indonesia (TKI) dapat fokus dalam bekerja karena perwakilan Republik Indonesia (RI) siap memberikan perlindungan atas hak-hak pekerja.

Retno mengemukakan hal itu dalam pertemuan dengan TKI atau Pekerja Migran Indonesia di ladang Bashir Ismail, Ulu Tiram, Johor Bahru, Malaysia, Kamis.

Hadir pada pertemuan tersebut lebih kurang 200 TKI yang bekerja di ladang sawit. Beberapa di antara mereka telah bekerja sembilan hingga sepuluh tahun di ladang tersebut.

Dalam pertemuan tersebut para pekerja menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya seperti adanya perbedaan hasil pemeriksaan kesehatan di Indonesia dan Malaysia, adanya pemerasan oleh oknum aparat, permasalahan izin bekerja dan sebagainya.

Pada kesempatan tersebut Menlu juga menyampaikan agar TKI mematuhi aturan dan hukum negara setempat.

Ia juga berpesan agar TKI tidak segan menghubungi perwakilan RI apabila terdapat permasalahan atau hak-hak yang tidak terpenuhi.

Pertemuan Menlu dan TKI tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Menlu Retno ke Penang dan Johor Bahru untuk bertatap muka secara langsung dengan para pekerja migran yang ada di wilayah Malaysia.

Selain melakukan dialog dengan TKI Menlu Retno juga meresmikan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh KJRI Johor Bahru.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017