Palu (ANTARAN News) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta dukungan Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Perkebunan untuk mendukung pengembangan komoditas tanaman kakao di daerahnya guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah itu dari sektor perkebunan.

"Kami terus mendorong penguatan sektor perkebunan khususnya kakao, diharapkan program nasional kakao tetap dilanjutkan dan kami memohon dukungan pemerintah pusat," kata Longki di Palu, Jumat.

Gubernur Longki Djanggola pada Kamis (16/3) menerima kunjungan kerja jajaran Ditjen Perkebunan dalam rangka mengikuti rapat koordinasi pembangunan perkebunan di Sulawesi Tengah.

Baca juga: (Pemerintah dorong hilirisasi industri berbasis kakao)

Longki mengatakan salah satu yang menguatkan tekad pemerintah daerah untuk terus mengembangkan perkebunan kakao karena tanaman tersebut dapat memberikan kesejahtraan bagi masyarakat yang hingga saat ini luasannya telah mencapai 290 ribu hektare.

"Pada masa kejayaan tanaman kakao, petani Sulawesi Tengah tidak mengalami krisis walaupun daerah lain mengalami krisis," katanya.

Menurut Longki kakao sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan petani di daerahnya, namun belum memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah.

Baca juga: (Wapres targetkan Indonesia penghasil kakao nomer dua)

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah yang mencapai sembilan persen merupakan daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, hanya saja kata Longki, persentase kemiskinan relatif masih tinggi karena pertumbuhan ekonomi terbesar baru ditopang dari sektor pertambangan.

Kondisi ini kata Longki, menyebabkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulawesi Tengah masih dirasakan masyarakat kelas menengah ke atas.

Itulah sebabnya kata Longki pemerintah daerah harus terus mendorong penguatan sektor pertanian salah satunya perkebunan kakao sehingga terjadi keseimbangan pertumbuhan ekonomi yang tidak dimonopoli sektor tambang.

Longki mengatakan dirinya bertekad kuat untuk terus memperjuangkan ke pemerintah pusat agar kebijakan pengembangan perkebunan kakao terus mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Bahkan kata dia, dirinya telah menyampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat rapat terbatas bersama kepala-kepala daerah beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan Menko Ekuin akan mengundang khusus Gubernur untuk membicakan pengembangan sektor perkebunan khususnya tanaman kakao di Pulau Sulawesi.

Sementara itu Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian Bambang menyatakan sangat mengapresiasi upaya Gubernur Longki Djanggola untuk memperjuangkan pengembangan komoditas tanaman kakao dan pengembangan pertanian lainnya di daerah itu.

Baca juga: (Kakao Bali jadi bahan baku cokelat premium Prancis)

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017