Kuala Pembuang, Kalteng, (ANTARA News) - Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan menggelar Festival Budaya Gawi Hatantiring pada Agustus 2017 mendatang.

"Sesuai jadwal, Festival Budaya Gawi Hatantiring akan digelar 6-10 Agustus," kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Seruyan, Hartasima di Kuala Pembuang, Jumat.

Hartasima yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan Seruyan menjelaskan, Festival Budaya Gawi Hatantiring yang ketiga kalinya ini akan diikuti oleh perwakilan sepuluh kecamatan serta sekolah-sekolah yang ada di Seruyan.

"Beberapa perlombaan kesenian tradisional yang diadakan dalam festival seperti karungut, manyumpit, balogo, bagasing, manggalau, manetek kayu dan lawang sekepeng serta tari tradisional," katanya.

Menurutnya, sesuai dengan nama festival serta julukan Kabupaten Seruyan, yakni Bumi Gawi Hatantiring yang artinya bekerja bersama-sama atau gotong-royong, maka harapannya kegiatan yang digelar dapat menumbuhkan semangat gotong-royong untuk membangun daerah Seruyan.

"Selain itu, festival yang digelar diharapkan dapat melestarikan serta menumbuhkembangkan kecintaan terhadap kesenian dan budaya lokal, terutama bagi generasi muda," katanya.

Ia menambahkan, Festival Gawi Hatantiring juga dapat menjadi motivasi serta wadah bagi seniman untuk menampilkan kreativitas khas masing-masing kecamatan.

"Festival juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai promosi terhadap potensi seni dan budaya yang ada di Seruyan," katanya.

Pewarta: Fahrian Adriannoor
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017