Surabaya (ANTARA News) - Jalan tol ruas Surabaya-Mojokerto (Sumo) akan dibuka satu jalur untuk kendaraan dua arah saat musim arus mudik Lebaran 2017.

"Jalan tol Surabaya-Mojokerto sudah dioperasikan saat mudik, namun masih satu jalur untuk dua arah," ujar Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Sampai saat ini, proses pembebasan tanah untuk jalur tol Mojokerto-Surabaya sudah 100 persen, namun tinggal pengerjaan yang diharapkan segera selesai dalam waktu dekat.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, berharap dengan dibukanya tol Surabaya-Mojokerto yang meski hanya satu jalur mampu menjadi solusi kemacetan yang terjadi.

"Pengendara dapat memanfaatkan tol untuk memperlancar arus lalu lintas, dan diharapkan proses pengerjaan ke depan bisa selesai secepatnya," ucap mantan Sekdaprov Jatim tersebut.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menegaskan bahwa progres pembangunan tol di wilayah Jatim masuk dalam proyek strategis nasional dan menjadi perhatian khusus dari Presiden RI Joko Widodo.

Sementara itu, proyek tol prioritas lainnya adalah ruas Mantingan-Kertosono serta Kertosono-Mojokerto.

"Kalau pembebasan lahan mulai Mantingan-Kertosono sudah 97 persen karena masih ada perluasan lahan, sedangkan Kertosono-Mojokerto sudah 100 persen," katanya.

Di sisi lain, ruas tol Gempol-Pasuruan proses pembebasan lahan sudah 70 persen, kemudian pembangunan fisik masih mencapai 39 persen.

Selain itu, pemerintah juga mempercepat pembangunan Tol Pasuruan-Probolinggo yang pembebasan lahannya telah mencapai 93 persen dengan pembangunan fisik mencapai 18 persen.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017