Jakarta (ANTARA News) - Satu-satunya pasangan pebulutangkis ganda putra Indonesia yang berlaga di Swiss Terbuka 2017, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal melaju lebih jauh pasca-ditumbangkan pasangan China, Chai Biao/Hong Wei, dalam babak perempat final.

Dalam turnamen yang digelar di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (17/3), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyerah dalam dua set langsung dengan skor 15-21 dan 20-22 dari duet Negeri Tirai Bambu yang menjadi unggulan teratas dalam kejuaraan itu.

Setelah berhasil melalui putaran pertama dan kedua secara mulus kala menghadapi pasangan Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh, 21-16, 21-14 dan duet Rusia, Konstantin Abramov/Alexandr Zinchenko, 21-15 dan 21-18, unggulan ke delapan turnamen itu menyerah dari Chai Biao/Hong Wei dalam waktu 39 menit.

Dipantau dari tournamentsoftware, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berada di peringkat 22 dunia itu dalam set pertama sempat memainkan pertandingan ketat dengan kejar-mengejar poin di awal laga. Namun, mereka melemah setelah posisi imbang 5-5, dan hingga akhir laga dan harus menyerah dari pasangan China.

Di set kedua, pasangan Indonesia tersebut sempat memimpin perolehan poin 11 berbanding 6.

Selepas jeda, pasangan Indonesia sempat terhenti hingga pasangan China berperingkat enam dunia tersebut mampu menipiskan jarak hingga selisih satu poin sebelum perolehan duet Indonesia kembali mengucur.

Untuk sesaat kemenangan pasangan Indonesia di game kedua ini sepertinya sudah pasti diraih ketika posisi poin 20-14, namun pasangan China tersebut mampu menahan perolehan angka Fajar/Rian di angka 20 hingga akhirnya memenangkan laga.

Atas hasil tersebut, Indonesia yang hanya mengirimkan satu wakilnya di nomor ganda putra dalam ajang berlevel Grand Prix Gold berhadiah total 120 ribu dolar tersebut harus puas hanya melaju sampai delapan besar.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017